Spread the love

MakassarNews.id-Makassar
Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) Laksamana Muda TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada (KDJA II) Ny. Ria Sudihartawan melaksanakan kunjungan kerja ke Mako Lantamal VI, Senin (22/02/2021).

Kunjungan kerja Jenderal bintang dua itu disambut dengan Tari Paduppa yang merupakan tarian penyambutan tamu kehormatan khas Sulawesi Selatan.

Tarian adat Bugis-Makassar tersebut diperagakan oleh siswi dari Yayasan Hang Tuah Makassar yang dirangkaikan dengan pengalungan bunga kepada Pangkoarmada II serta penyerahan Hand Bouquet kepada Ny. KDJA II .

Menurut Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Lantamal VI yang juga selaku penanggung jawab penyambutan tari Paddupa Letkol Laut (KH) Bakhtiar S.H, M.H mengatakan kedatangan Pangkoarmada II dan KDJA II ke Mako Lantamal VI disambut dengan Tari Paduppa (tari selamat datang) yang merupakan simbol adat Bugis-Makassar jaman dahulu dalam menyambut raja-rajanya.

“ Dalam memperagakan tari penyambutan tersebut, para siswi dari Yayasan Hang Tuah Cabang Makassar mengenakan baju bodo (baju adat) khas Makassar ” ujar Kadispotmar Lantamal VI.

Kadispotmar menambahkan pada penyambutan Tari Paddupa ada prosesi dimana beras dilemparkan. Menurutnya, hal ini menjadi simbol jaminan kenyamanan terhadap tamu, ujarnya.

Usai prosesi adat penyambutan tari paduppa, Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M menerima laporan singkat dari Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Makassar Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E M.M., CHRMP mengenai situasi dan kondisi Lantamal VI bertempat di Ruang transit Kajaolalido Mako Lantamal VI, Pungkasnya.

Turut Hadir dalam penyambutan tersebut, Wadan Lantamal VI Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto, S.E dan Ny, Asops Pangkoarmada II Kolonel Laut (P) Isswarto dan Ny , Para Asisten Danlantamal VI serta seluruh pejabat utama Lantamal VI Makassar dan Korcab VI DJA II.

Tato Sulo