Spread the love

MakassarNews.id-Makassar
Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VI Kolonel Marinir Y.Rudy Sulistyanto membuka kursus Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Lantamal VI, di Gazebo Pantai Jalaria Senin 15/02/2021.

Pada Kesempatan ini Wadan Lantamal VI membacakan amanat Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP menyampaikan bahwa Kursus Binpotmar ini merupakan suatu hal yang penting karena memberikan edukasi dan pemahaman kemampuan pembinaan potesnsi maritim dan territorial, meningkatkan kemampuan bidang teknis administrasi serta pembinaan Daerah Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) agar dikemudian hari PNS Lantamal VI dapat melaksanakan tugasnya sebagai PNS Binpotmar yang siap ditugaskan di Posal/Posmat di jajaran Lantamal VI.

“ Kursus Binpotmar bagi PNS Lantamal VI merupakan hal baru yang berkaitan dengan disahkan organisasi Potmar, PNS Lantamal VI merupakan sumber daya manusia yang mempunyai peranan penting dalam mendukung kerja personel militer di Lantamal VI” Ungkap Wadan Lantamal VI.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadis Potmar) Lantamal VI Letkol Laut (KH) Bahtiar. S.H., M.H. selaku ketua Panitia menjelaskan tujuan dilaksanakan kursus ini untuk meningkatkan kemampuan PNS Lantamal VI dalam pengumpulan data Bintahwil baik di bidang geografi, demografi maupun data yang berkaitan dengan kondisi sosial serta terwujudnya kemampuan PNS Lantamal VI dalam pembinaan Potmar dan territorial yang professional, kreatif ,terjadinya sinergitas antar aparat pembina Potmar dengan aparat pemerintah maupun komponen masyarakat.

Kursus Binpotmar diikuti 20 personel PNS Lantamal VI, selama 4 hari pelaksanaan terhitung mulai tanggal 15 Februari s/d 18 Februari peserta kursus akan diberi beberapa teori seperti Dawilhanla, Komsosmar, Bintahwilmar, Bakti TNI AL, P3K di laut, Kemampuan dasar Intelijen atau penggalangan, undang undang perikanan dan teknik pengumpulan data Potmar.

Hadir pada kegiatan ini para Asisten Danlantamal VI serta Kadis/Kasatker Lantamal VI.

Tato Sulo