Spread the love

Makassarnews.id-Sinjai.
Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) asal Sinjai, Muh.Irwansyah AN sapaan Isyah, menyulap halaman Rumahnya Menjadi Taman Baca.

Taman baca tersebut terletak di Jl. Stapak Sultan Hasanuddin, Sinjai Utara yang merupakan jantung kota Sinjai.
Rabu 25/11/2020.

Inisiatif membangun dan keinginan Kuat untuk mengembalikan eksistensi literasi dikampung halaman tempatnya dilahirkan tersebut di sulap seperti suasana pelosok desa.

Sebagai mahasiswa Proses penyelseaian Studi di UINAM, Isyah, merupakan sosok Pelajar kreatif dan telah meluangkan waktunya demi mencerdaskan Anak dan Bangsa, Sebab disadarinya kalau ia sering jumpai Anak Putus sekolah Bahkan Buta Aksara(rec.Buta huruf).

“Sebab hampir setiap desa di seluruh Indonesia pasti ada minimal satu orang warganya yang mengenyam pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Sehingga, ketika mereka pulang atau kembali/menetap di kampungnya nanti atau ketika ada liburan, setidaknya bisa menyisihkan waktunya untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat di perantauan tempat menimbah ilmu, cukup yang sederhana saja semisal taman baca,agar anak-anak disekitar kita bisa termotivasi untuk datang membaca atau pun diajar membaca bagi mereka yang tidak sempat duduk di bangku sekolah”, ucapnya.

“Tanpa ada seperti ini pun, saya yakin bila mahasiswanya “peka” maka kegiatan semacam ini sudah pasti bisa diterapkan dikampung. Namun, ini harus tumbuh dalam diri mahasiswa itu sendiri. Kesadaran harus bermula dari diri mahasiswa”, tambahnya.

Isyah menambahkan bahwa sudah saatnya mahasiswa harus bangun melalui budaya literasi. Peradaban ini, harus bermula dari budaya literasi. Agar masyarakatnya menjadi kaya akan wawasan dan pengetahuan serta semakin bijak dalam bertindak atau menghadapi berbagai problem hidup.

“Alhamdulillah, dari beberapa kampus dri Kab.Sinjai ikut dan memberikan saran untuk taman ini, seiring berjalannya waktu banyak teman-teman yg ikut berpartisipasi”, pungkasnya.

Sambar