Spread the love

Makassarnews.id-Sumatra Barat.
Rumah warga di Jorong Talang Timur Nagari Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat terendam banjir. Tinggi air mencapai 40 cm.

Air mulai meluap pada Senin (23/11/2020) sekitar pukul 05:00 WIB. Banjir terjadi akibat tingginya curah hujan yang terjadi beberapa hari ini dan mengakibatkan Sungai batang air kaciak meluap ke permukiman warga di Nagari Talang Babungo.

“Hujan deras di daerah hulu sungai, sehingga sungai menjadi meluap dan menyebabkan debit air semakin tinggi dan menggenangi pemukiman warga,” kata Bati Tuud Korami 10/Lembah Gumanti Kodim 0309/Solok Serka Ridwan saat dihubungi, Senin pagi (23/11/2020).

Serka Ridwan Menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Warga yang rumahnya terendam banjir, terpaksa mengevakuasi harta bendanya ke tempat aman.

“Hingga kini warga terus berupaya menguras air yang menggenangi rumah mereka,” ungkap Serka Ridwan.

“Seluruh warga agar selalu waspada, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Segera laporkan pada kesempatan pertama jika terjadi suatu musibah seperti banjir atau lainnya kepada pihak terkait,” himbaunya.

Ditambahkan, bahwa banjir luapan sungai batang aia kaciak berangsur surut. Namun, air masih menggenangi pemukiman warga Nagari Talang Babungo Kecamatan Hiliran gumanti.

“Kami para Babinsa Koramil 10/Lembah Gumanti Kodim 0309/Solok akan selalu hadir bersama komponen pemerintah yang lain untuk membantu kesulitan warga binaan,” pungkas Serda Ridwan(*).

Andi Kursa.