Spread the love

MakassarNews.id-Makassar
20 Perwira Korps Khusus Lantamal VI mengikuti Sarasehan Perwira Korps Khusus TNI AL tahun 2020 secara daring bertempat di Gedung Werving Mako Lantamal VI, Rabu (18/11/2020).

Acara yang berlangsung melalui Video Conference (Vicon) ini dipimpin langsung oleh Asisten Personel Kepala Staf Angkatan Laut (Aspers Kasal) Laksamana Muda TNI I Nyoman Mandra, M.Sc., CHRMP., dan dihadiri oleh Kadispsial Laksma TNI Wiwin Dwi Handayani, S.Psi., M.Si, Kadisbintalal Laksma TNI Drs. Ian Heriawan dan Kadiskumal Laksma TNI Kresno Buntoro, S.H., LLM., Ph.D. yang diikuti oleh seluruh Perwira Korps Khusus TNI AL yang bertugas di seluruh jajaran TNI AL di Indonesia.

Acara dimulai dengan Pemutaran sejarah/Profil Korps Khusus TNI AL yang kemudian dilanjutkan dengan pembekalan dari Aspers Kasal.

Dalam pembekalannya, Aspers Kasal menyampaikan bahwa hakekat Korps Khusus adalah prajurit pejuang Sapta Marga, kita melihat dari lisensi untuk menegakan, menjaga wilayah  melindungi bangsa dan rakyat Indonesia. Mampu mengemban tugas yang dibebankan kepadanya, kehadirannya diperlukan untuk mengisi spektrum penunjang korps lainnya, dapat melaksanakan penugasan dimanapun di struktur TNI AL maupun di luar struktur di bidang operasi, staf, litbang, lemdik dan lainnya.

Korps khusus memiliki postur atau performance yang bermoral, profesional, bertanggungjawab dan memiiki kebanggaan, dengan empat tingkatan yaitu tingkatan teknis Letda – Lettu, tingkatan taktis di tingkat Kapten, tingkatan operasi ditingkat Mayor – Letkol, dan tingkatan strategis pada pangkat Kolonel. “Perwira Korps Khusus harus memiliki standar kompetensi knowledge, skill, attitude dengan mengisi diri dengan proses pendidikan dan latihan,” kata Aspers Kasal.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan Sharing info dari Kadispsial dan Kadisbintalal serta   pemberian motivasi dan tanya jawab oleh Motivator Adri Suyanto, S.H. Acara diakhiri dengan Sharing info dan Pengarahan dari Kadiskumal.

Editor : Tato Sulo