Spread the love

MakassarNews.id-Makassar
Usai melaksanakan operasi pengamanan di ALKI II, KRI Ahmad Yani (AMY) -351 datang dan sandar di dermaga Fasharkan Makassar, Selasa (17/11/2020).

Kedatangan KRI AMY-351 ini disambut oleh Jajar Kehormatan yang di ikuti oleh Asrena dan Dansatrol Lantamal VI serta merplug dari para personel Lantamal VI.

Setelah KRI AMY-351 sandar di dermaga Fasharkan, Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP, yang didampingi oleh Wadan Lantamal VI Kolonel Marinir Y. Rudi Sulistyanto, S.E., Asrena dan Asintel Danlantamal VI, Dansatrol Lantamal VI melaksanakan kunjungan ke atas Kapal Perang tersebut.

Di atas KRI AMY-351, Danlantamal VI beserta rombongan di sambut langsung oleh   Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II Laksamana Pertama TNI Rahmat Eko Rahardjo, M.Tr. (Han), CHRMP, serta Asops Danguspurla Koarmada II Kolonel Laut (P) Henry Ballo yang sedang onboard di atas KRI Ahmad Yani-351.

Kedatangan KRI Ahmad Yani (AMY) – 351 adalah usai melaksanakan Operasi Tombak Sakti  – 20 di Selat Lombok di bawah Guspurla Koarmada II yang langsung dipimpin oleh Danguspurla Koarmada II dan didampingi Asops Danguspurla Koarmada II.

Pertemuan pun dilanjutkan di ruangan Lounge room KRI AMY – 351 yang dihadiri juga oleh Komandan KRI AMY – 351 Letkol Laut (P) I Gede Putu Iwan.

“Sebagaimana instruksi Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan, demi tercapainya tujuan pokok operasi maka bagi setiap komandan diwajibkan terjun langsung mengetahui kondisi di lapangan. Dimana kegiatan ini juga sebagai upaya mendukung program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yakni di bidang Pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi,” ujar Laksma TNI Rahmat Eko Raharjo.

“Kami singgah di sini dalam rangka silaturahmi dengan Danlantamal VI sekaligus juga melaksanakan bekal ulang untuk melanjutkan operasi di laut yang sedang kami laksanakan ini”, ujar Danguspurla Koarmada II.

Selanjutnya, Danlantamal VI mengucapkan selamat datang kepada Danguspurla Koarmada II di Lantamal VI Makassar ini. “Secara proporsional Lantamal VI melaksanakan tugas dan fungsi pangkalan sebagai tempat pemangkalan, pembekalan, penyelenggaraan dan pemeliharaan serta perbaikan unsur-unsur operasional TNI AL dan perawatan personel. Kemampuan dukungan ini biasa dikenal dengan fungsi `5R` yaitu Rebase, Replenishment, Repair, Rest and Recreation, guna mendukung Operasional Unsur atau KRI” ujarnya.

Editor : Tato Sulo