Spread the love

MAKASSARNEWS.ID,Surakarta – Korem 074/Warastratama melaksanakan festival musik tradisional dalam rangka komsos kreatif TW III TA 2020, Selasa (25/08/2020).

Komsos Kreatif bersama seniman musik tradisional se Solo Raya ini turut dihadiri oleh Rektor ISI Drs. F. Purwa Askanta, M.Sn.M.Si., Staf Dinas Kebudayaan Surakarta Ibu Sruti Respati, S.S., dan Staf ISI Diwasa, S.Sn selaku Dewan Pengamat.

Tercatap sebanyak 7 grup seniman musik tradisional baik Gamelan, Keroncong maupun bambu ikut meramaikan festival ini.

Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Rano Tilaar dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu tujuan Komsos kreatif adalah menyiapkan alat juang yang tangguh di wilayah Solo Raya, serta perwujudan kesiapan SDM yang kreatif, inovatif dan adaptif.

Selain itu, festival musik tradisional ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kebanggaan terhadap nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang saat ini dirasakan mulai pudar. Karena secara tidak sadar, globalisasi telah menggerus nilai-nilai luhur bangsa yang selama ini kita jaga dan lestarikan, yaitu rasa cinta tanah air, nasionalisme, kebersamaan, persatuan dan kesatuan, toleransi dan sebagainya.

“Ini sangat penting, karena jika kita tidak dapat menjaga nilai-nilai itu, maka cita-cita membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam kerangka NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, hanya akan menjadi angan-angan belaka,” kata Danrem.

Ditambahkan Kolonel Inf Rano Tilaar, dengan komsos kreatif diharapkan dapat terpelihara jalinan yang baik antara prajurit Korem 074/Warastratama dengan masyarakat dalam mempererat rasa solidaritas dan kesetiakawanan bagi segenap komponen bangsa khususnya seniman/seniwati di wilayah Solo Raya.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi forum dan wadah silaturahmi untuk meningkatkan serta memelihara hubungan antar prajurit TNI AD dengan komponen bangsa lainnya,” pungkas Danrem.

Adapun hasil dari festival musik tradisional sebagai berikut : Nominasi Penampil Terfavorit dari Kodim 0725/Sragen, Nominasi Penampil Terkreatif dari Kodim 0727/Karanganyar, Nominasi Penampil Aransemen Terbaik dari Kodim 0723/ Klaten, Nominasi Penampil Ternasionalis dari Kodim 0726/ Sukoharjo, Nominasi Penampil Penguasaan Panggung Terbaik dari Kodim 0735/Surakarta, Nominasi Penampil Kostum Terbaik dari Kodim 0728/Wonogiri dan Nominasi Penampil Terkompak dari Kodim 0724/Boyolali. (Penrem074/Wrt)