Spread the love

Makassarnews.id-Maros.
Ditengah maraknya Pandemi Covid19 Pemerintah Daerah Kabupaten Maros  melangsungkan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yg Ke-75 Tahun ( 17-08-1945-2020 ) berbeda dari biasanya, upacara tersebut hanya di hadiri oleh pejabat pemerintah saja. Dalam kesempatan tersebut Upacara dipimpin langsung oleh Bupati  Maros Bapak Ir. H. Muhammad Hatta Rahman, S.T., M.M. sebagai inspektur upacara. Sedangkan, komandan upacara HUT RI ke-75 adalah Bapak Syahrul Camat Bantimurung.

Marsma TNI Haris Haryanto Danlanud HND  dan Danbrigif Para Raider 3/3  Kostrad Letnan Kolonel Inf Fadli Mulyono serta  Dandim1422 Maros Letkol Inf Budi Rahman Kapolres Maros AKBP Musa Hengky Pandopotan Tampubolon turut hadiri upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-75 bertempat di Balai Kantor Bupati Maros, (17/8).

Suasana perayaan HUT ke-75 RI berbeda dari tahun sebelumnya. Masyarakat dihadapkan dengan pandemi Covid-19 yang membuat pola hidup berubah. Dalam situasi pandemi Covid-19, masyarakat mendapatkan tantangan besar. Isu kesehatan semakin disorot dan momen HUT ke-75 RI, belum lagi berdampak pada ekonomi masyarakat, Karena itu, sudah sepatutnya pada HUT ke-75 RI menjadi momentum mempersatukan bangsa untuk melawan pandemi Covid-19. Semua kalangan berupaya mencari cara melawan pandemi, termasuk mencari obat dan dan vaksin Covid-19.

Puncak peringatan detik-detik Proklamasi ditandai dengan dikibarkannya bendera merah putih yang menariknya dari tahun sebelumnya bahwa dilakukan hanya oleh 3 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Maros hal ini dilakukan sebagai upaya mematuhi protokol Kesehatan Civid-19. Pelaksanaan Upacara Bendera tersebut dilaksanakan jam 07.30 Wita pagi, dan dilanjutkan di acara pemberian Remisi terhadap Nara Pidana dan anak Pidana serta kegiatan mengikuti upacara Virtual detik –detik HUT di Jakarta bersama Bapak Presiden Djoko Widodo hingga pukul 11.00 Wita.

Bupati Kabupaten Maros  mengatakan perayaan Hari Kemerdekaan selalu menjadi momen penting mengingat kembali cita-cita kemerdekaan. Apalagi setiap negara sama-sama berjuang melawan pandemi Covid-19 dan Indonesia harus menunjukkan jati dirinya. “Menjadi bangsa merdeka adalah jalan menuju bangsa yang cerdas, yang sehat, yang sejahtera dan dihormati warga dunia Ir. H. Muhammad Hatta Rahman, S.T., M.M.

Lebih lanjut HUT RI ke 75 , jadi momen yang tepat untuk menyatukan bangsa. Masyarakat harus kompak melawan pandemi Covid-19 dengan mengubah pola hidup sehat. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang lengah dalam menghadapi situasi baru ini.
Menghadapi wabah Covid-19, bukan sendiri-sendiri, tetapi harus bersatu melawan virus corona. “Untuk itu, tepat rasanya menjadikan momentum 17 Agustus untuk menyatukan berbagai potensi,” tambahnya

Turut hadir pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ini. Wakil Bupati Maros  Kajari Maros, , Forkopimda Kabupaten Maros, serta peserta upacara HUT RI ke-75(*).

Tofan