Spread the love

MakassarNews.id-Kendari
Kegiatan olahraga prajurit Lanal Kendari dilaksanakan berbeda dari biasanya. Tidak hanya melaksanakan senam dan lari pagi, pada kesempatan ini Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S.Sos., mengajak seluruh prajurit Lanal Kendari untuk melaksanakan napak tilas dan pembersihan di tempat bersejarah peninggalan tentara Jepang pada saat PD (Perang Dunia) ke II, Sabtu, (27/06/2020).

Seluruh Prajurit Lanal Kendari tampak sangat antusias napak tilas, mereka bisa melaksanakan olahraga yang lebih bervariasi seperti lari pagi, naik gunung, dan hanmars sekaligus belajar dan mengenal lebih jauh sejarah wilayah Teluk Kendari .

Komandan Lanal Kendari menjelaskan posisi Teluk Kendari yang berhadapan langsung dengan Laut Banda sangatlah strategis bagi pemerintah kekaisaran Jepang untuk dijadikan salah satu titik aju dan titik pertahanan Jepang melawan Sekutu serta dijadikan tempat salah satu pembuka jalan menguasai Asia Pasifik saat itu.

Adapun peninggalan yang ada di sekitar pesisir Teluk Kendari antara lain meriam pertahanan pantai dan pertahanan udara, bunker, pilboks, serta gua-gua buatan . ” Kedepan Lanal Kendari akan turut serta aktif dalam memelihara dan menjaga situs-situs bersejarah ini untuk kepentingan penelitian maupun pariwisata”, ujarnya.

Editor : Tato Sulo