Spread the love

MAKASSARNEWS.ID-Makassar
Puasa di Bulan Ramadhan wajib hukumnya. Tidak ada pembenaran puasa Ramadhan menjadi alasan untuk bermalas-malasan dan hanya melakukan aktivitas di luar seperlunya saja.

Justru puasa yang dilakukan menjadi momentum tubuh dan pikiran memperoleh manfaat yang sangat besar dengan tetap melakukan aktivitas seperti yang dilakukan oleh Satgas Ketahanan Pangan Covid-19  Lantamal VI yang dimotori oleh Staf Potensi Maritim (Spotmar) Lantamal VI Makassar  dengan cara berkebun sebagai antisipasi dampak Covid-19 di lahan yang berlokasi di Kampung Batu Tambung Kelurahan Pai Kecamatan Biringkanaya Makassar, Minggu (26/04/2020).

Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal VI selaku Koordinator Satgas Ketahanan Pangan Covid-19 Lantamal VI Kolonel Marinir I. Dewa Gede Wirawan S.E mengatakan aktivitas olahraga  dengan cara berkebun ala Satgas Covid-19 Lantamal VI di bulan ramadhan ini dilakukan sambil menunggu sampai  waktu berbuka.

” Olah raga dengan berkebun  merupakan aktivitas yang sangat baik untuk kesehatan, jadi bisa dilakukan  selama berpuasa dengan memperhatikan kaidah-kaidah yang tidak memberatkan tentunya” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan kegiatan berkebun  efektif menggantikan kegiatan berolah raga selama berpuasa. Aktivitas, menyemprot,  menyirami atau memotong tanaman bisa menjadi olahraga ringan yang di lakukan pada pagi hari ketika badan belum terasa terlalu lemas dan bisa membantu alirah darah mengalir lancar hingga membantu pikiran bebas dari stress., Terang Aspotmar Danlantamal VI.

Berkebun dukung ketahanan Pangan Covid-19 tersebut juga bisa dipakai untuk menyampaikan “pesan berpuasa” kepada semua orang   tentang disiplin, menyiram tanaman setiap hari, seperti halnya disiplin berbuka dan bangun sahur pada dini hari. Serta  untuk bersabar menjaga tanaman agar bisa dipanen seperti halnya menjaga puasa agar bisa merayakan lebaran sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19, jelas Kolonel Marinir I. Dewa Gede Wirawan S.E.

Editor : Tato Sulo