Spread the love

MAKASSARNEWS.ID
Makassar, KRI Arun – 903 yang sedang melaksanakan Operasi Gundala 20, sandar di dermaga Hatta/TPM Makassar, Jum’at (05/03/2020).

Saat akan melaksanakan sandar di dermaga tersebut, KRI berada djajaran Koarmada II yang di BKO-kan ke Guskamla Koarmada III  dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Widiyatmoko Baruno Aji disambut dengan jajar kehormatan dan Merplug oleh para personel Lantamal VI.

Dimpimpin oleh Komandan Satuan Patroli (Dansatrol) Lantamal VI Kolonel Laut (P) Victor Pardamean Y Siagian S.T., M.M., para personel Lantamal VI ini membentuk barisan berbanjar dan memberikan penghormatan kepada KRI Arun – 903.

Dansatrol Lantamal VI mengatakan bahwa Merplug merupakan salah satu istilah dari TNI Angkatan Laut dalam menyambut ataupun melepas KRI yang sedang melaksanakan tugasnya.

“Untuk menjalankan tugas pokok dan tanggung jawab sebagai Lantamal VI di bidang pelayanan terhadap unsur, maka setiap ada KRI milik TNI AL yang masuk ke wilayah di kota Makassar pasti disambut dengan merplug sebagai tanda penghormatan dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Kapal perang RI melaksanakan Penegakan Kedaulatan dan Hukum di perairan yurisdiksi Nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia ini”, ujarnya.

Tampak on board di KRI Arun tersebut, Danguskamla Koarmada III Laksamana Pertama TNI Taat Siswo Sunarto, S.E., M.Si, yang memimpin operasi Gundala 20 ini dan hadir dalam merplug tersebut Komandan KRI Teluk Ende Letkol Laut (P) Cokorda Gede Patra dan Kadisyahal Lantamal VI.

Editor : Tato Sulo