Spread the love

MAKASSARNEWS.ID
Makassar, Pertolongan pertama terhadap korban kecelakaan di laut merupakan hal  yang dapat dilakukan oleh semua orang yang pertama kali menemukan korban saat evakuasi dari kecelakaan tersebut.

Atas dasar tersebut itulah, Medical Quick Respon Team (MQRT) di bawah naungan Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VI dan Rumkital Jala Ammari Lantamal VI yang tergabung dalam tim Baksos Kesehatan “Garuda Di Lautku berinisiatif menggelar Latihan Fungsional Kesehatan Dasar  kepada anggota Pramuka Saka Bahari Pulau Kodingaremg Lompo bertempat di halaman SMA Citra Bangsa di pulau tersebut, Sabtu (29/02/2020).

Adapun materi dari latihan ini yaitu berpua Bantuan Hidup Dasar, Penanganan Trauma Pasca Kecelakaan dan Evakuasi Medis Laut oleh Kapten Laut (K) dr. Fanny Yudhiono, Sp. THT di bantu Tim MQRT Lantamal VI.

Usai pemberian materi tersebut dilaksanakan praktek pelaksanaan langsung kepada para anggota Pramuka Saka Bahari dengan didampingi oleh anggota tim MQRT Lantamal VI.

Kadiskes Lantamal VI Letkol Laut (K) drg. Heri Herliana Sp. BM, M.H.Kes, Mtr. (Opsla) selaku Kabid Dukkes “Garuda Di Lautku” Lantamal VI kegiatan latihan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka ‘Garuda Di Lautku” Penanaman Terumbu Karang Kebangsaan 2020 berbentuk Garuda yang pelaksanaannya pada tanggal 18 Maret 2020 bertempat di Pulau Kodingareng Keke.

“Dengan adanya kegiatan Latihan Fungsional Kesehatan Dasar, diharapkan kepada para pelajar sekolah khususnya siswa SMA Citra Bangsa Kodingareng Lompo yang tergabung dalam Pramuka Saka Bahari memiliki skill menolong, memberikan pengalaman serta pembelajaran tentang bagaimana cara melakukan pertolongan terhadap korban kecelakaan di laut dengan memberikan Bantuan Hidup Dasar (BHD), Penanganan Trauma pasca kecelakaan serta Evakuasi Medis Laut”, ujarnya.

Editor : Tato Sulo