Spread the love

MAKASSARNEWS.ID
Makassar, Tim rekonsiliasi internal  Dinas Keuangan Angkatan Laut (Diskual) dari Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal) yang dipimpin Kepala Dinas Keuangan AL (Kadiskual) Laksamana Pertama TNI Dr. R. Anang D. Kuncoro, S.E., M.M., CFrA., CHRMP  mengelar rekonsiliasi  Tingkat Satker (Satuan Kerja)  TNI AL  gelombang I wilayah Timur  bertempat di Gedung Sultan Hasanuddin Mako Lantamal VI, Senin (06/01/2020).

Kedatangan Tim Rekonsiliasi tersebut diterima langsung oleh Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas. Dalam pembukaan rekonsiliasi internal tingkat Satker TNI AL wilayah timur itu diawali dengan pelaporan kesiapan oleh Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) Lantamal VI Letkol Laut (S) Roy Johan Agung  Tucunan, SE, MM,

Dalam sambutannya Komandan Lantamal VI mengatakan suatu kebanggaan tersendlri bagi Lantamal VI karena telah dlpercaya sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan rekonsiliasi ini.

Rekonsiliasi sangat penting dalam upaya mensinkronisasikan data keuangan antara badan keuangan, badan perencanaan dan badan logistik terkait dengan realisasi pendapatan dan belanja negara serta pelaksanaan pencatatan transaksi persediaan dan barang milik negara, ujar Danlantamal VI

Lebih lanjut dikatakan kegiatan ini sangat berguna khususnya bagi pejabat Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan pejabat akuntansi uang/barang, terkait dengan  tanggung jawab dalam menyusunan laporan keuangan.

Sementara itu sebelum membuka rekonsiliasi , Kadiskual mengatakan rekonsiliasi internal semester II TA 2019 dimulai  mulai hari ini tanggal 6 Januari 2020 sampai dengan tanggal 7 Januari 2020, dengan peserta  dari jajaran Koarmada III, Lantamal VI, Lantamal VIII, Lantamal IX, Lantamal X, Lantamal XI, Lantamal XIV dan Pasmar 3  Sorong.

Kadiskual juga menjelaskan  rekonsialiasi merupakan proses pencocokan data transaksi keuangan yang diproses dengan beberapa system/ subsistem yang berbeda berdasarkan dokumen sumber yang sama.

Pelaksanaan rekonsiliasi di lingkungan Kemhan dan TNI diatur dalam peraturan menteri Pertahanan RI No.18 tahun 2015 dan juklak Kapusku Kemhan No. 07A tahun 2015 serta surat edaran Kapusku Kemhan No.22 tahun 2019, dimana pelaksanaan rekonsiliasi terdiri dari  rekonsiliasi internal dan rekonsiliasi   eksternal, terang kadiskual.

Dalam pembukaan rekonsiliasi  tersebut dihadiri oleh Wadan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, S.H, M.M , Para Asisten Danlantamal VI, Dansatrol Lantamal VI, Kafasharkan Makassar,  Kaladokgi TNI AL Yos Sudarso beserta para Kadis dan Kasatker Lantamal VI.

Editor : Tato Sulo