Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Makassar, Tim “Garuda Di Lautku” meski harus menerjang gelombang berhasil menemuka dan menentukan spot “Garuda Di Lautku” Terumbu Karang Kebangsaan Tahun 2020  di Pulau Kodingareng Keke Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar, Penentuan Spot ini dipimpin Asisten bidang Operasi (Asops)  Danlantamal VI Kolonel Laut (P)  Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo,S.T. beserta  puluhan personel Lantamal VI, Sabtu  (27/12/2019 ).

Penentuan   spot atau posisi  dilaksanakan bertujuan supaya  pada saat penurunan Garuda raksasa di dasar laut agar tepat, lancar di posisi sesuai dengan yang direncanakan.

Setelah tiba di dermaga pulau Kodingareng Keke menggunakan Kapal Patroli Cepat Patkamla  P. Langkai , tim “Garuda Di Lautku” Lantamal VI bergerak cepat menuju ke posisi penanaman terumbu karang  yang tidak jauh dari pulau Kodingareng keke.

Asops Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo,S.T. mengatakan  kegiatan  “Garuda Di Lautku” memang ada beberapa tahapan, tahapannya  adalah, perencanaan, persiapan ,pelaksanaan  dan pengakhiran .

“Kegiatan ini masih proses perencanaan menuju ke persiapan,  untuk persiapan nanti akan masuk pada bulan Januari 2020”, ujar Asops Danlantamal VI

Lebih lanjut Asops Danlantamal VI mengatakan, pada kegiatan hari ini kita memastikan posisi lokasi “Garuda Di Lautku” termasuk memberikan tanda medan di pulau Kodingareng keke atau istilah navigasinya  tanda pelurus untuk memudahkan menentukan lokasi yang telah direncanakan.

“Tanda pelurus ini adalah penanda yang akan memudahkan kita untuk kembali lagi ke lokasi penyelaman tempat di mana akan  dibenamkan Garuda raksasa di dasar laut dan penanaman terumbu karang “, Jelas Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo,S.T.

Untuk penentuan  posisi   “Garuda Di Lautku” tersebut dihadiri  Asrena Danlantamal VI, Dandenma Lantamal VI ,  Danyonmarhanlan VI serta didukung  30 personel dari Mako Lantamal VI dan Yonmarhanlan VI.

Editor : Tato Sulo