Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Takalar, Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas melaksanakan napak tilas sejarah TNI Angkatan Laut di Sulawesi Selatan. Napak tilas sejarah tersebut dalam rangka Bulan Trisila TNI AL dengan tujuan untuk mengingat kembali jasa para pejuang sejarah berdirinya TNI Angkatan Laut di Republik Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan.

Perjalan sejarah pun dimulai dengan berkunjung ke Istana Balla Lompoa Karaeng Galesong dan Monumen Sejarah TNI AL Kolonel Laut (Purn) A. Hamzah Tuppu yang terletak di Jl. Karaeng Bontomarannu Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jum’at (27/12/2019).

Dalam kunjungannya tersebut, Danlantamal VI didampingi oleh Para Asisten Danlantamal VI serta beberapa perwakilan Kadis dan Kasatker Lantamal VI. Saat kunjungan tersebut, Danlantamal VI juga meninjau Monumen Sejarah TNI AL Kolonel Laut (Purn) A. Hamzah Tuppu.

Selanjutnya, bertempat di Istana Balla Lompoa Karaeng Galesong, Danlantamal VI disambut oleh Karaeng Haerumi Hamzah Tuppu Karaeng Muji yang merupakan putra dari A. Hamzah Tuppu serta beberapa pemangku adat yaitu Mappainga Karaeng Tompo dan Mallarangang Karaeng Gassing.

Danlantamal VI menyampaikan bahwa kunjungan ini dalam rangka Bulan Trisila TNI AL yang bertujuan untuk mengingat kembali sejarah tentang jasa para pendiri TNI AL yang berada di Sulawesi Selatan khususnya di tanah Galesong ini.

“Tujuan kami yaitu untuk mengingat kembali jasa para senior kami yang telah berjuang dalam perintisan TNI AL di Republik Indonesia ini serta membangkitkan semangat juang bagi para generasi berikutnya untuk lebih mengenal tentang sejarah berdirinya TNI AL di Galesong Kabupaten Takalar”, ujar Danlantamal VI.

Tampak hadir dalam kunjungan ini, Danramil 1426/04 Galesong, Wakapolsek Galesong beserta para Babinsa Koramil 1426/04 Galesong.

Editor : Tato Sulo