Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Makassar, Ada pemandangan yang menarik pada upacara Hari Ibu tahun 2019 di Mako Lantamal VI yaitu seluruh pejabat upacara diambil alih oleh para kaum hawa yang terdiri dari Prajurit Korps Wanita TNI AL (Kowal) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Wanita Lantamal VI Makassar. Mereka mengambil alih komando upacara bendera peringatan Hari Ibu (PHI) ke-91 Tahun 2019 di lapangan Arafuru Mako Lantamal VI, Senin, (23/12/2019).

Pelaksanaan upacara bendera Peringatan Hari Ibu di Lantamal VI sungguh berbeda dengan upacara peringatan lainnya yang digelar karena seluruh pejabat upacara diambil alih oleh kaum wanita.

Menariknya, dari upacara bendera PHI yang dilaksanakan ini, mulai dari Inspektur Upacara (Irup), Komandan Upacara (Danup), Perwira Upacara (Paup), Ajudan Irup, Pembaca UUD 1945, dan Pembaca Sejarah Hari Ibu seluruhnya dijabat oleh Kowal Makassar dan PNS wanita Lantamal VI.

Dan bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Komandan Sekolah Kesehatan Angkatan Laut (Sekesal) Makassar Letkol Laut (K/W) drg. Sweeta Artsiana Dewi M.Kes, dan sebagai Komandan Upacara (Danup) adalah Mayor Laut (K/W) drg. Bernadeta P. Susi Sp. Pros.

Dalam rangkaian peringatan upacara tersebut, dibacakan sejarah singkat Hari Ibu, di mana dijelaskan bahwa pendirian organisasi federasi yang mandiri dan digelar Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia (PPPI) pada tahun 1929.

Disebutkan, bahwa pada tahun 1938, kongres perempuan Indonesia III di Bandung menyatakan bahwa tanggal 22 Desember sebagai hari Ibu.

Hari Ibu oleh bangsa Indonesia, diperingati tidak hanya untuk menghargai jasa-jasa perempuan sebagai seorang ibu, tetapi juga perempuan secara menyeluruh, baik sebagai ibu dan istri maupun sebagai warga Negara, warga masyarakat dan sebagai abdi Tuhan Yang Maha Esa serta sebagai pejuang dalam merebut, menegakan dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan nasional.

Editor : Tato Sulo