Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Makassar, Tim Reaksi Cepat Medis (TRCM) Lantamal VI sigap menolong korban yang terkena bencana alam dalam simulasi Latihan Operasi Gabungan Terpadu Penanggulangan Bencana Palu Koarmada II Tahun 2019 bertempat di Dermaga Layang Mako Lantamal VI, Rabu (27/11/2019).

Dalam simulasi latihan tersebut, TRCM Lantamal VI tampak cekatan melaksanakan pertolongan kepada para korban warga masyarakat yang terkena dampak bencana alam di Palu-Sulteng yang dievakuasi oleh empat Kapal Perang TNI AL yaitu Kapal Angkatan Laut (KAL) Mamuju I-6-64, KAL Suluh Pari I-6-6.0, KAL Birang I.6-61, dan Patkamla P. Langkai I-6-63.

Di dermaga layang TRCM Lantamal VI lengkap dengan Ambulance sigap menyambut para korban bencana alam untuk dilarikan ke tenda Rumah Sakit Lapangan Angkatan Laut (Rumkitlap) Satgas Kesehatan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Menurut Kadiskes Lantamal VI Letkol Laut (K) drg. Heri Herliana, Sp.BM., M.H.Kes., M.Tr.Opsla selalu Pembina TRCM mengatakan latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan TRCM Lantamal VI dalam kesigapan menangani para korban bencana alam termasuk dalam mempersiapkan material alat pertolongan kesehatan dan obat-obatan serta hal kerjasama interoperability dengan instansi terkait dalam hal ini dari tim Kesehatan dari TNI/POLRI, BASARNAS dan Pemerintahan tempat terjadinya bencana yang bertanggung jawab terhadap keselamatan para korban yang terkena dampak bencana alam tersebut.

“Simulasi ini juga merupakan bukti bahwa dalam kondisi apapun juga TRCM Lantamal VI akan siap selalu membantu mengevakuasi para korban bencana alam dan menolong dengan memberikan pelayanan kesehatan dengan cepat agar derita gangguan kesehatan yang dialami para korban disembuhkan dengan cepat sehingga nyawa mereka dapat tertolong”, tambahnya.

Editor : Tato Sulo