Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Makassar, Taruna AAL Tingkat IV Angkatan Ke-65 peserta Latihan Praktek (Lattek) Jalayudha tahun 2019 melaksanakan wisata sejarah ke Naval Museum Lantamal VI, Sabtu (23/11/2019).

Dengan mengunjungi Naval Museum Lantamal VI ini, diharapkan para taruna napak tilas tentang sejarah TNI Angkatan Laut serta dapat menyerap semangat pengabdian dari para sesepuh, para pendahulu sebagai bekal untuk berbhakti kepada nusa dan bangsa.

Kedatangan para Taruna dan Taruni AAL tersebut diterima oleh Kepala Naval Museum Lantamal VI Mayor Marinir Djajat Sudrajat bertempat di ruang utama museum ini.

Museum ini merupakan museum sejarah TNI AL yang satu-satunya ada di Kota Makassar Sulawesi Selatan dan sudah beberapa kali dikunjungi oleh berbagai siswa sekolah dan mahasiswa yang ada di Kota Makassar bahkan dari luar Kota Makassar.

Selama di museum, para taruna berkeliling melihat aneka koleksi yang dipamerkan. Dan para taruna terlihat antusias untuk mengetahui sejarah pembentukan, peran dan perkembangan TNI Angkatan Laut di Kota Makassar ini.

Pembina sekaligus penanggung jawab Naval Museum Lantamal VI yang juga menjabat sebagai Aspotmar Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., menyampaikan bahwa Naval Museum yang bertempat di Lantamal VI ini adalah museum wisata edukasi, yang didalamnya tersimpang koleksi-koleksi bersejarah dan barang-barang peninggalan para pendahulu TNI AL.

“Dengan berkunjung ke Naval Museum ini, para Taruna AAL ini akan dapat melihat dari dekat koleksi-koleksi museum yang merupakan bukti kebesaran dan perjuangan para pejuang TNI AL di masa terdahulu dan sekaligus sebagai media pembelajaran dan mengenalkan sejarah perkembangan TNI AL”, ujarnya.


Di kunjungannya ini pula, para taruna disuguhi dengan pemutaran film tentang sejarah TNI AL serta berbagai film lainnya yang berkaitan dengan kegiatan Lantamal VI bertempat di Mini Teather Naval Museum.

Usai berkunjung ke Naval Museum Lantamal VI, para Taruna AAL ini kemudian melanjutkan wisata sejarahnya ke Benteng Roterdam yang berada di Jalan Ujung Pandang kota  Makassar.

Editor : Tato Sulo