Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Makassar, Pangkalan Utama TNI AL ( Lantamal) VI bersama Yayasan Konservasi Laut (YKL) Indonesia dan Pinisi Pusaka Indonesia (PPI) melaksanakan Trip Edukasi Maritim untuk pelajar tingkat SMA dengan berlayar dengan kapal pinisi.

Pelayaran menggunakan Kapal Pinisi start dari Pantai Losari berlayar menuju ke pulau Kodingareng keke kemudian berlayar kembali dan finish di dermaga layang  Mako Lantamal VI (24/10/2019).

Pelayaran kali ini diikuti 42 siswa dan guru pendamping dari SMA Negeri 2 Kota Makassar. Selama pelayaran, pelajar mendapatkan wawasan mengenai budaya maritim

Selain itu, diatas kapal legendaris dan kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan ini pelajar juga belajar tentang lingkungan laut khususnya ekosistem terumbu karang dan kampanye mengenai sampah plastik di lautan.

Tiba di Lantamal VI peserta pelayaran Trip edukasi Maritim melaksanakan kunjungan  ke Naval Museum Lantamal VI untuk belajar berbagai hal tentang sejarah Kemaritiman.

Di Naval Museum Lantamal VI pelajar didampingi Kadispotmar Lantamal VI Letkol Laut (KH) Bachtiar, S.H., M.M., bersama dengan Kepala Naval Museum Lantamal VI Mayor Marinir Djajat memperkenalkan berbagai jenis kapal layar tradisional Sulsel dan jenis kapal layar yang pernah digunakan kerajaan-kerajaan di nusantara, selain itu pelajar Juga mendapatkan sejarah singkat  berdirinya TNI Angkatan Laut melalui pemutaran film dokumenter di mini theater yang ada di Museum ini.

Editor : Tato Sulo