Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Makassar.
Meningkatkan kataqwaan dan keimanan seorang hamba Allah bukan hanya melalui cinta Al-Qur’an tetapi berlomba-lomba melantunkan indahnya ayat-ayat suci Al Qur’an yang diwujudkan dengan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), yang dapat menggali potensi, minat baca Al Qur’an pada Warga Binaan Pemasyarakatan.

Sebanyak 63 WBP Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Makassar mengikuti MTQ yang diadakan bersama Kementerian Agama Kota Makassar, Rabu (25/9/19). Tidak hanya perlombaan MTQ tetapi terdapat beberapa perlombaan diantarnya, lomba Azan, hafalan surah pendek, tadarus Al-Qur’an, dan Sholat berjamaah yang setiap blok WBP Lapas Makassar mengirimkan perwakilannya.

Dibuka dengan senandung asmaul husnah yang dibawakan langsung oleh remaja masjid Dakwatul Ichsan Lapas Kelas I Makassar yang juga merupakan warga binaan Lapas Makassar, dan dilanjutkan dengan penyampaian laporan kegiatan dari ketua panitia pelaksana, Nurdin S,Ag.,MH yang menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Lapas Makassar dan Kementerian Agama dan dilaksanakan selama dua hari.

Turut hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Makassar, H.Muh. Arsyad Ambo mengakui bahwa kegiatan MTQ ini sebagai bentuk kecintaan Al-Qur’an “kita tau kegiatan MTQ ini mengapa saya katakan sangat baik sekaligus sangat mulia oleh karena ada beberapa hal, pertama, bentuk kecintaan kita terhadap Al-Qur’an kita tau bahwa Qur’an adalah obat dan sumber utama dari ajaran agama kita, yang ketika kita membaca dan memahami makna Al-Qur’an terdapat banyak kebajikan didalamnya” ucap Arsyad.

Selain itu Arsyad juga mengingatkan kepada peserta bahwa juara bukanlah tujuan tetapi makna dari kegiatan MTQ ini, “perlu kita pahami juara bukanlah akhir dari tujuan, tetapi yang terpenting dari itu semua adalah bagaimana kita pahami apa-apa yang telah kita rubahkan pada kegiatan musabaqah kali ini” tutupnya.

Mewakili Kepala Lapas Kelas I Makassar, Sony Sopyan selaku Kepala Bidang Pembinaan Narapidana menyampaikan sambutan Kalapas, “alhamdulillah pada hari ini ada keinginan kuat dari Kemenag Makassar untuk mengadakan MTQ ini, dalam upaya meningkatkan kemampuan saudara dalam hal peningkatan ibadah kita, dalam kegiatan MTQ ini tentunya sebagai bahan evaluasi dari saudara sekalian
mengikuti kegiatan pembinaan selama ini yang diadakan Kemenag kota Makassa” kata Sony.

Lebih lanjut Sony juga berharap adanya peningkatan ahlak WBP dari kegiatan ini “target kita tentunya bukan hanya diperlombaan saja, tetapi diharapkan bisa merubah sikap kita, mental kita yang tentunya jika kita gambarkan sebelum masuk kelapas kita berikan nilai 5, dan insya allah setelah mengikuti kegiatan keagamaan dilapas saudara ada peningkatan misalnya dari 5 bisa menjadi 7 dan seterusnya” ucap Sony.

Dalam MTQ ini Kepala Lantor Kemenag Kota Makassar juga memberikan sumbangan Al-Qur’an pada Masjid Dakhwatul Ichsan Lapas Kelas I Makassar yang diterima langsung oleh Sony Sopyan dan didampingi oleh pengurus masjid Dachwatul Ichsan Lapas Kelas I Makassar.(*).

MNews