Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Gowa.
Guna meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personil dalam melaksanakan tugas, jajaran Polres Gowa kembali mengadakan simulasi.
Senin (24/08/2019).

Adapun kali ini, Polres Gowa mensimulasikan terkait prosedur Olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) dalam menangani sebuah laporan polisi.

Berbeda dari biasanya, simulasi kali ini digelar di Lapangan Stadion Kalegowa, yang dipimpin langsung oleh Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga, SIK., MSi dan diikuti oleh segenap pejabat utama, kasat, kapolsek, serta brigadir dan ASN jajaran Polres Gowa.

Diungkapkan Kapolres, ia sengaja memilih Stadion Kalegowa sebagai lokasi simulasi, agar pelaksanaannya dapat benar-benar dilakukan seperti nyata, sehingga personil dapat benar-benar memahami dengan baik setiap alur prosedurnya.

Kegiatan simulasi ini pun dilakukan semirip mungkin dengan kejadian nyatanya, dimulai dari penerimaan laporan polisi hingga prosedur penanganan olah TKP.

Tak hanya itu, tindak pidana yang dianalogikan terjadi dalam simulasi ini pun dibuat seperti nyata yang dilengkapi dengan sarana pendukung, dimana Kapolres menganalogikan terjadinya aksi pencurian dengan pemberatan di dalam rumah.

Kapolres bahkan turut mensimulasikan langsung cara bertindak dari para personil piket dalam simulasi prosedur olah TKP ini, mulai dari Satsabhara, Reskrim, Binmas, dan lain-lain.

“Dengan simulasi ini, saya berharap para personil dapat melaksanakan olah TKP sesuai prosedur semestinya, mengingat hasil dari olah TKP adalah salah satu alat bukti yang mampu membuat terang suatu tindak pidana,” ucap Akbp Shinto Silitonga.(*).

Laporan : Andi Kursa