Spread the love

MAKASSARNEWS.ID, Surakarta  – Thek – thek adalah suatu alat peralatan musik yang terbuat dari bambu atau kayu. Alat ini digunakan dan dibunyikan saat anggota ronda melaksanakan patroli di kampung terlebih pada saat bulan Ramadhan, alat ini sangat membantu warga karena alat ini dimainkan oleh anggota jaga ronda keliling untuk membangunkan supaya persiapan sahur.

Berkaitan dengan hal tersebut, Senin (19/8) Sertu.Tukidi Babinsa Kelurahan Baluwarti, Koramil 05/Pasar Kliwon Kodim 0735/Surakarta menjadi yuri lomba Thek – Thek  dalam ramgka HUT RI Ke – 74 di Wilayah kelurahan Baluwarti.

Sertu Tukidi Selaku Yuri menegaskan bahwa pelaksanaan Lomba diikuti oleh 12 Rw se-Kelurahan Baluwarti dengan route star dari Magangan keliling Beteng Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

“Nantinya setelah sampai di Kamandungan dari team Thek – Thek berhenti untuk melaksanakan atraksi kebolehan/ kemarihan serta kelincahan dari masing – masing RW yang mengikuti lomba dan dilanjutkan berjalan lagi sampai finish di Magangan lagi.” Ujar Tukidi.

Adapun team yuri ada 4 orang yaitu yakni Babinsa, Babinkamtibmas dan 2 orang dari ISI Surakarta dengan kriteria penilaian antara lain Kekompakan, keseragaman, Alat yang di gunakan harus terbuat dari Bambu atau kayu, Kelincahan serta alunan lagu dalam memainkan alat musik, dan Jumlah pemain minimal 10 orang.

“Untuk menentukan pemenangnya yaitu nilai dari 4 yuri tadi di jadikan satu dan di jumlahkan Untuk jumlah yang terbanyak berati yang menjadi juara 1 dan seterusnya.”Pungkas Tukidi.

(Arda 72,Pendim 0735/Surakarta).