Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Gowa.
Disela-sela pelaksanaan tugas, pada Senin (05/08) sore Wakapolres Gowa Kompol Muh. Fajri Mustafa menyempatkan waktu menemui Sekda Gowa Bpk. H. Muchlis di ruang kerjanya

Dikatakan Wakapolres, pertemuan itu dilakukan untuk membangun komunikasi dengan pihak Pemkab, perihal rencana pelaksanaan ritual adat Accera Kalompoang yang akan kembali diselenggarakan pasca vakum akibat perselisihan yang terjadi antar pihak Pemkab dan Kerajaan Gowa.

“Kami sangat mendukung kegiatan Accera Kalompoang ini dapat terlaksana lagi, seiring dengan upaya rekonsiliasi yang dimotori Polres Gowa juga telah berhasil dilakukan pihak Pemkab dan Kerajaan Gowa,” ungkap Kompol Muh. Fajri.

Sejumlah hal pun dibahas dalam pertemuan itu, dimana Wakapolres mengharapkan pihak Pemkab dan pihak Kerajaan Gowa dapat segera duduk bersama, saling berdiskusi untuk membahas rencana Accera Kalompoang ini.

“Jadi, tak ada lagi pihak Pemkab maupun pihak Kerajaan Gowa yang akan melaksanakan Accera Kalompoang masing-masing, karena inilah saatnya menyatukan semuanya,” jelas Kompol Muh. Fajri.

Adapun pihak Pemkab Gowa, dalam hal ini Dinas Pariwisata masih terus intens melakukan diskusi dengan pihak kerajaan terkait rangkaian kegiatan Accera Kalompoang, yang juga akan dilakukan perbaikan-perbaikan yang sifatnya lebih menyeimbangkan antara ritual adat dan syariat islam, sehingga nilai dari kedua hal tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat umum khususnya masyarakat Gowa.(*).

Laporan : Asmar