Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Makassar, Potensi Maritim (Potmar) Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar gelar Penataran Kemampuan Potensi Maritim (Tarpuanpotmar) Tersebar TA. 2019 dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut bertempat di Gedung Werving Mako Lantamal VI Makassar., Selasa (30/07/2019).

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VI Makassar Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas yang diwakili Aspotmar Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Suratun S.H. membuka langsung acara Tarpuanpotmar tersebar TA. 2019 tersebut.

Dalam sambutan Danlantamal VI yang dibacakan Aspotmar mengatakan ketahanan nasional suatu bangsa menjadi prasyarat utama yang menentukan kemajuan suatu negara dan ini sangat ditentukan oleh keharmonisan kerjasama sipil-militer.

Bagi indonesia, pertahanan negara merupakan upaya nasional yang melibatkan seluruh potensi dan kekuatan nasional yang diselenggarakan secara terpadu, terarah, efektif dan efisien berdasarkan pada sistem pertahanan negara yaitu sistem pertahanan semesta (Sishanta), lanjut Kolonel Laut (P) Suratun S.H membacakan sambutan Danlantamal VI.

Lebih lanjut dikatakan, salah satu perwujudan sishanta dapat dilaksanakan melalui menyelenggarakan pembinaan potensi maritim yang dilaksanakan oleh seluruh satuan jajaran TNI AL.

Pembinaan Potensi Maritim ini dapat dimaknai sebagai proses pengelolaan sumber daya maritim nasional agar dapat diwujudkan menjadi sumber daya pertahanan yang berdaya guna bagi kepentingan pertahanan dan keamanan di laut, ujar Danlantamal VI disambutannya yang dibacakan Aspotmar Danlantamal VI.

Tarpuanpotmar tersebar TA. 2019 yang berlangsung 3 hari tersebut di ikuti 50 prajurit Lantamal VI yang berasal dari beberapa Satuan Kerja (satker) Mako Lantamal VI.Metode penataran meliputi kegiatan klasikal dan teori serta praktek lapangan baik di dalam Mako Lantamal serta kantor aparat teritorial (koramil ujung tanah). Disamping itu dalam kegiatan ini juga melibatkan Dandim makassar yang diwakili oleh Danramil Ujung tanah.

Turut hadir dalam pembukaan tarpuanpotmar tersebar TA. 2019 tersebut para Kadis dan Kasatker Lantamal VI serta sejumlah undangan.

Editor : Tato Sulo