Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Makassar, Seluruh Personel Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) dan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VI (Yonmarhanlan VI) melaksanakan latihan Defile di sepanjang jalan protokol Mako Lantamal VI, Senin (29/07/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan setelah apel pagi dan diikuti oleh para Perwira dengan membawa pedang, Bintara dan Tamtama menggunakan senjata laras panjang serta Pleton PNS.

Kapten Marinir Brayat selaku pelatih Defile ini mengatakan, latihan defile pasukan adalah bagian dari latihan PBB dan biasanya merupakan rangkaian dalam pelaksanaan upacara militer. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang asing bagi prajurit TNI, namun apabila dalam pelaksanaannya tdk disiapkan dg baik melalui latihan yg berulang-ulang, maka ini bisa menjadi sesuatu yg bisa menurunkan kredibilitas satuan.

“Melalui latihan permildas yang dilaksanakan ini, merupakan kesempatan untuk meningkatkan dan menunjukkan kualitas pembinaan satuan yang dapat dilihat dari cara anggota melakukan parade dan defile seperti kelengkapan personel, kerapian, kekompakan, kerjasama serta intonasi aba-aba dalam melaksanakan gerakan-gerakan tanpa ada kesalahan”, ujarnya.

Selanjutnya, Pasiops Denma Lantamal VI Kapten Laut (P) Bernard mengatakan agar program latihan yang dilaksanakan ini dapat mempersiapkan kita dalam peran serta peringatan upacara HUT TNI, Upacara Besar Gabungan dan upacara peringatan lainnya dalam sebuah parade dan defile. “Sehingga seluruh anggota dapat memiliki rasa kebanggaan dan kehormatan untuk tampil dengan baik, kebanggaan itu dapat terwujud bila latihan defile dilaksanakan dengan baik, dan penuh semangat dan kekompakan”, tambahnya.

Editor : Tato Sulo