Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Maros.
Wanapati Makassar menggelar Pendidikan Dasar (Diksar) yang bertempat di Biseang Labboro (Bislab) jalan poros bantimurung, kab.Maros.
Ahad. (21/7/2019).

Diksar adalah merupakan salah satu syarat utama menjadi anggota resmi dari sejumlah organisasi kepemudaan di tanah air.
Kegiatan yang digelar Wahana Petualang Sejati (Wanapati) Makassar kali ini diikuti 5 orang peserta, dibimbing oleh sedikitnya 14 orang panitia.

Pada kegiatan selain dihadiri ketua umum wanapati serta pengurus inti lainnya, yang bertujuan untuk meningkatkan keakraban, kedisiplinan, loyalitas, integritas dan lain sebagianya di kubuh intern Wanapati sendiri.

Dalam penyampaiannya Ketua umum Wanapati, Andi Iskandar berharap agar organisasi ini dapat terus berkembang melalui program kerja yang akan tertuang, hasil penambahan anggaran dasar sebelumnya.
“Dengan terlaksananya pendiksran yang baru saja kita jalankan dengan penuh tanggung jawab dan rasa persaudaraan yang tinggi, tentunya saya berharap agar periode selanjutnya bisa jauh lebih baik dibandingkan periode sebelumnya. Hal yang perlu diutamakan yaitu bagaimana kita melihat agar alam dan lingkungan yang sejuk bersih dan rapi, tetap terjaga kelestariannya”, Ungkapnya.

Lanjut, “In-syaa Allah dalam waktu yang dekat kita akan menyusun program kerja, salah satunya adalah penghijauan kota, pembersihan limbah atau sampah yang dianggap perlu untuk disentuh, tentunya ini akan membantu pemerintah kota Makassar, menjadikan kota ini menjadi kota yang bersih, Indah , aman dan rapi. Jadi saya meminta teman teman yang ada di wanpati untuk bersam sama memikirkan bagaimana agar semua apa yang sudah kita rencanakan dalam program kerja dapat berjalan dengan baik”, Terangnya saat dikonfirmasi.

Usai dibekali beberapa materi, selanjutnya peserta di arahkan ke alam bebas untuk pembinaan karakter. Disitu mereka dilatih tata cara bertahan hidup di alam bebas, menghargai ruang dan waktu, dan lain sebagainya.

Sementara itu, ditempat yang sama, penguru inti Wanapati, Andi Ikhsan mengatakan output Diksar itu selain bisa meningkatkan SDM, juga sebagai acuan pembinaan kepada generasi selanjutnya, atas kemampuan teori dan keterampilan, yang nantinya dapat diaplikasikan langsung dengan mengutamakan etika dalam pergaulan sehari-hari terutama dalam lingkungan rumah, pun dikatakannya,
“Angkatan ini merupakan cikal bakal, bagaimana eksistensi Wanapati kedepan, dan angkatan ini juga merupakan, angkatan yang memang dipersiapkan untuk pelopori program kerja berjangka”, Jelasnya.

Melalui kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, mulai 19 – 21 Juli 2019 ini peserta juga diharap mampu menumbuhkan sekaligus meningkatkan keterampilan tanpa tendensi pihak tertentu, dengan tetap mempertahankan kearifan kearifan lokal.

Penulis : Heriati
Foto/Video : Jumriaty. L
Editor : Soni Vayzal