Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Makassar.
Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman menghadiri kegiatan Pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMAN 21 Makassar, Senin (15/7/2019).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulawesi Selatan tingkat SMAN/SMKN se-Sulawesi Selatan.

Andi Sudirman Sulaiman dalam arahannya menyampaikan, program Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang menjadi bagian dari penerimaan peserta didik baru dapat menguatkan karakter pelajar.

Karakter inilah, lanjut Sudirman, yang berperan dalam mencegah penyebaran paham dan pemikiran berbahaya atau radikal bagi Ideologi Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Karakter positif harus dibangun di tiap sekolah. Kepada para siswa, yakinlah bahwa persaingan akan terbuka luas dan semua harus mampu bersaing. Zonasi penerimaan guru dan penempatan guru juga harus diperhatikan. Kedepan, hal itu harus diperhatikan,” ungkap Andi Sudirman Sulaiman.

Wagub juga menegaskan, jika saat ini kualitas siswa sudah berimbang. Ia pun berharap kepada seluruh pendidik agar siswa diarahkan untuk saling mengenal di lingkungan sekolah masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo menyampaikan, MPLS merupakan kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran, guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

“Rangkaian kegiatan MPLS ini salah satunya adalah tes mengaji, pengenalan ekstrakurikuler, dimana narasumbernya dari guru.

None sapaan Imran Yasin Limpo pun menegaskan, bahwa siswa yang mengikuti MPLS tidak dibebakn dari pungutan biaya.

“Kegiatan ini harus bebas dari segala bentuk perpeloncohan, pungutan, dan segala bentuk yang melanggar norma yang ada. Siswa di Sulawesi Selatan 94.744 yang diterima,” jelasnya.

Penulis : Syukur