Spread the love

MAKASSARNEWS – Makassar, Pemandangan menarik terjadi di dermaga Layang Mako Lantamal VI.Kapal perang KRI Sidat-851 yang melepas tali untuk berlayar diringi dengan penghormatan oleh ratusan personel Lantamal VI,Selasa, (16/07/2019).

Ternyata kejadian ini berlangsung spontan, saat seluruh personel baik Prajurit dan PNS Lantamal VI yang sedang melintasi dermaga layang saat berolahraga pagi dalam waktu yang bersamaan tim merplug Lantamal VI yang dipimpin Letkol Laut (P) Wildan sedang melaksanakan tugas pokok pangkalan yaitu merplug.

Spontan personel Lantamal VI yang sedang berlari berhenti dan langsung bergabung membentuk barisan bersab bersama tim merplug Lantamal VI, selanjutnya memberikan penghormatan kepada KRI Sidat-851 yang akan berlayar meninggalkan dermaga Layang Mako Lantamal VI.

Hal tersebut dilakukan pada saat para personel Lantamal VI melaksanakan olahraga lari pagi yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Administrasi Personel (Kadisminpers) Lantamal VI Letkol Laut (KH) Adang Sunjaya.

Menurut Wakil Komandan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas penghormatan yang dilaksanakan tersebut adalah merupakan cermin dari penghargaan yang ikhlas dari personel Lantamal VI terhadap Kapal perang dan pengawaknya yang akan melaksanakan tugas menjaga NKRI di perairan Indonesia. penghormatan ini rutin dilaksanakan oleh tim merplug Lantamal VI, Merplug merupakan istilah Angkatan Laut adalah kegiatan menerima dan melepas kapal perang di dermaga, baik yang datang dan melanjutkan pelayaran operasinya. Kegiatan ini merupakan sebuah tradisi Angkatan Laut di seluruh dunia dan merupakan penghormatan bagi kapal.

“Walaupun sedang melaksanakan olahraga , tidak ada salahnya kita berhenti sejenak untuk memberikan penghormatan sebagai suatu bentuk respect terhadap kapal perang KRI Sidat-851 yang akan berangkat melaksanakan tugas mulia dalam menjaga perairan Indonesia ini”, ujar Wadan Lantamal VI

Usai penghormatan pelepasan KRI Sidat-351, Wadan Lantamal VI melanjutkan olahraga lari bersama seluruh personel Lantamal VI.

Editor : MNews