Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Banjarbaru. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali menorehkan prestasi dibawah kepemimpinan Adnan Purichta Ichsan dan Abdul Rauf Malaganni selaku Bupati dan Wakil Bupati.

Penghargaan tersebut diterima bertepatan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tingkat Nasional ke XXVI, di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Sabtu (06/7/2019).

Manggala Karya Kencana yang dianugrahkan kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang merupakan penghargaan tertinggi dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Bupati Gowa dinilai berprestasi, komitmen serta sukses memberikan dukungan dan darma baktinya atas pelaksanaan program kependudukan di daerahnya dengan maksimal.

Tersebut diterima langsung Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni yang diserahkan Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) , Puan Maharani.

Adapun kegiatan program KKBPK yang menonjol di Kabupaten Gowa adalah pengembangan kampung KB dan pengelolaan gudang alat kontrasepsi (alokon). Saat ini di Kabupaten Gowa telah terbentuk 27 Kampung KB, lima diantaranya sudah memiliki rumah data. 

Hal ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya, Bupati Gowa telah menerima penghargaan Pin Emas Anugerah Kencana bersama tiga kabupaten/kota lainnya di Sulsel ditahun sebelumnya.

Sementara itu, Menko PMK, Puan Maharani, dalam sambutannya, menuturkan, peringatan ini sebagai motivasi bagi keluarga dalam meningkatkan semangat berkeluarga dan kesejahteraan keluarga.

” Mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera dimulai dari perencanaan keluarga yang baik. Melalui Harganas ini jangan hanya seremonial saja, tetapi benar-benar menjadikan keluarga sebagai fondasi utama dalam setiap segi kehidupan,” ujar Puan.

Dikesempatan yang sama, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengungkapkan, Harganas merupakan pengingat akan pentingnya keluarga bagi pembangunan bangsa sebagai wahana untuk memenuhi kebutuhan ‘asah, asih, dan asuh’. Keluarga menjadi tempat sempurna untuk menanamkan nilai karakter manusia Indonesia, yaitu integritas, etos kerja dan gotong royong.

Rangkaian acara Harganas XXVI telah dimulai sejak 2 Juli 2019. Peringatan tahun ini bertema ‘Hari Keluarga, Hari Kita Semua. Cinta Keluarga, Cinta Terencana’.

Penulis: Syukur
Editor : Soni Vayzal