Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Makassar.
Warga jalan Bung, Lr 7, Kel Biringkanaya Raya, Kec. Biringkanaya, Makassar gelar acara tahunan yang dikenal dengan Pesta Panen, atau dengan sebutan bahasa Makassar “Mappadendang”.
Kamis (27/6/2019).

Acara dilaksankan tiap tahun ini, antusias disambut baik oleh warga setempat. Oleh penggiat kesenian tradisional khas Makassar, binaan H. Januari, “Bombang Tallua Ri Bung”, seperti tahun tahun sebelumnya, kembali menyajikan hiburan tradisional adat khas Makassar.

Pada kegiatan ini selain dua komunitas penggiat lainnya seperi Pemerhati Pusaka Adat Dan Kebudayaan Makassar (Pusaka), Empat Sahabat, berasal dari kab. Gowa, yang akan menyemarakkan acara ini, hadir pula komunitas Makassar Racing, dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya ketua ORW setempat sangat bangga dan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan warganya, ia pun berharap agar budaya dan kearifan lokal tetap bisa dipertahankan.

Sementara itu saat ditemui, H. Januari menjelaskan bahwa acara kali ini dimeriahkan oleh generasi penerus yang tergolong masih sangat muda, namun penuh bakat.
“Sebenarnya komunitas ini sudah lama pembinaan khusus anak anak dan remaja baru berjalan sekitar satu tahun, dan itu yang akan kami tampilkan. Ceritanya dulu, kami disini mayoritas petani, jadi inilah perwujudan kegembiraan kami setelah panen padi dilaksanakan”, jelasnya.

Dalam acara ini sejumlah kesenian tradisional khas Makassar disajikan, seperti Ngaru, Pencak tradisional, dan tari tumbuk padi.

Lebih Lanjut, “Khusus pembinaan generasi muda agar mereka lebih mengenal adat istiadat dan budaya, mudah mudahan keberadan kami disini mereka bisa sadar bahwa kita punya tradisi yang harus dipertahankan. Berharap ini menjadi motifasi bagai generasi muda lainnya, kedepannya kebiasaan ini tidak hilang begitu saja”, pungkas H. Januari.

Penulis : Jumriaty. L
Foto/Video : Nurjuliniarti
Editor : Soni Vayzal