Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Gowa.
Dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Pancasila, pada pagi ini jajaran Polres Gowa melaksanakan upacara bendera yang dipimpin langsung Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga, SIK., MSi. Sabtu (1/6/2019).

Upacara yang digelar di halaman kantor Polres Gowa ini, turut diikuti oleh para pejabat utama, para kasat, kapolsek, perwira, serta bintara dan ASN lingkup Polres Gowa.

Adapun dalam upacara tersebut, Kapolres membacakan sambutan serentak dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP) pada peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2019 ini.

Mengawali sambutannya, Kapolres Gowa menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah dari Tuhan YME untuk bangsa Indonesia.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” kata Akbp Shinto Silitonga dalam sambutannya.

Lebih lanjut, momen peringatan Hari Kelahiran Pancasila ini pun diharapkan dapat membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. “Indonesia untuk kita semua, dan Pancasila adalah rumah kita,” ucap Kapolres Gowa.

Kapolres dalam sambutannya pun menyampaikan bahwa saat ini diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong, dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. “Kita Indonesia, Kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis, dan penuh harapan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur,” tegasnya.

Diakhir, melalui peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi “Politik Harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologu negara yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia,” tutup Akbp Shinto Silitonga.

Editor : MNews