Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Makassar.
Sejumlah perantau asal Madura, Jawa timur yang bermukim di kota Makassar, Kab. Gowa, dan Kab. Maros, terhimpun dalam suatu wadah pemersatu yang dikenal dengan nama “Kaconk Makassar” ini, nampak tengah asik menikmati sajian minuman ringan usai berbuka puasa pada sebuah warung kopi (Warkop) di jalan tentara pelajar, Makassar.
Ahad (12/5/2019).

Keberadaan mereka ditempat tersebut layaknya seperti rutinitas yang sudah ter-agenda, kerap ketika ada suatu hal yang ingin dibicarakan, semisal pembahasan tentang usaha yang digeluti selama ini, yasinan bersama, pengajian, dan lain sebagainya.

Oleh salah satu anggota komunitas ini yang lupa disebutkan namanya, saat ditemui awak media ini mengatakan bahwa tempat tersebut merupakan titik kumpul untuk saling berbagi ide sesama anggota, melepaskan penat, usai seharian beraktifitas.
“Iya, kami disini sering berkumpul selain untuk membina keakraban, dan hilangin penat, juga untuk membahas pelaksanaan rutin yasinan, pengajian, dan lainnya. Wujud solidaritas, dengan metode yang kami terapkan, yakni ketika ada anggota keluarga kami baik yang tinggal disini ataupun di kampung yang lagi membutuhkan bantuan, yah, kami saling berbagi walau alakadarnya namun sedikit banyaknya, setidaknya dapat meringankan beban mereka,”ungkapnya.

Komunitas yang beranggotakan keseluruhan mencapai ratusan orang terkhusus yang berada di wilayah kota Makassar dan sekitarnya ini dikabarkan masing-masing memiliki profesi yang berbeda-beda, dan bahkan ada yang sudah belasan tahun berada di kota Makassar untuk mencari nafkah.

Penulis : Ancha
Foto : Tysonk
Editor : Soni Vayzal