Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Makassar.
Memasuki hari ke dua HUMAN Festival 2019 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Antropologi Fisip Unhas, menampilkan hiburan pentas seni di halaman Museum Kota, Makassar. Sabtu (27/4/2019).

Serangkai hiburan yang disuguhkan penuh arti, membuat siapa saja yang hadir dibuat terperangah berdecak kagum, sambil sesekali bersorak menyaksikan jalannya acara, mulai dari penampilan Teater oleh Lentera HMJ UNM, Tari Toraja oleh Himpunan mahasiswa Antropologi Fisip Unhas, Tari Tokontu, serta penampilan Teater Black Pink yang tergabung dalam Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI).

Pada kegiatan ini selain dihadiri sejumlah rekan mahasiswa, masyarakat umum, hadir pula Prof. Dr. H. A. Pawennari Hijjang MA, Dr. Yahya, MA, Dr. Tasrifin Tahara, M.Si. dan Dr. Muh. Basir MA.

Oleh salah satu panitia pelaksana inti kegiatan ini, Faris, saat ditemui menjelaskan bahwa, semua kegiatan dilaksanakan tak ubahnya untuk mengajak, menjaga sekaligus mepertahankan karya seni dan budaya lokal kepada seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya, dan masyarakat Sulawesi Selatan sendiri pada khususnya.

“Kita membuat acara sesederhana ini, itu dari usaha-usaha yang memang betul-betul dari manusianya, bukan melalui uang, kita coba memperlihatkan kepada masyarakat bahwa pasar kebudayaan itu tidak hanya dilakukan ditempat tertentu saja, olehnya itu sesuai dengan tema kegiatan ini, yakni bagaimana suku lokal melawan globalisasi, maka marilah mulai dari diri kita sendiri, sebab kalau bukan kita yang menjaga kearifan lokal, siapa lagi ?”. Tegasnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Ketua Himpunan Mahasiswa Antropologi Fisip Unhas, Marina Hamka, sangat mengapresiasi dan berharap sekiranya kegiatan ini dapat bermanfaat, baik itu pada pelaksanaan seminar, pertunjukan seni, pajangan foto, senjata tradisional khas daerah, dan lain sebagainya.

Hal tersebut ditambahkan oleh ketua panitia pelaksana, Ramli, yang mengatakan, “mengenai keberhasilan, kita belum bisa menilai, sukses tidaknya acara, yang penting kita nikmati, panjang umur kekerabatan”,
ungkapnya.

Usai pentasan sejumlah peragaan seni, selanjutnya Himpunan Mahasiswa Antropologi Fisip Unhas menayangkan sebuah film, karya mereka, pun masih berkaitan dengan tema kegiatan di layar lebar.

Penulis : Ancha
Foto/Video : Asmar
Editor : Rezha