Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Makassar.
Pembukaan festival seni dan budaya 2019, bertempat di Museum Kota, jalan balaikota no 11, Makassar, diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Antropologi, (HUMAN) fisip Unhas, berjalan sukses.
Jumat (26/4/2019).

Acara yang diawali dengan, penampilan kesenian tradisional angngarru, tari paddupa, dan disusul dengan sejumlah sambutan, antusias disambut meriah oleh berbagai kalangan.

Memasuki acara inti dihari pertama, usai pembukaan festival yang berlangsung di pelataran Museum Kota, selanjutnya dirangakai dengan acara seminar berlangsung di lantai dua Museum, yang mengangkat tema “Ketahanan suku kajang di era globalisasi”, selain dihadiri sejumlah rekan mahasiswa, hadir pula Ketua Departemen Antropologi Fisip Unhas, Dr.Yahya MA, dan beberapa pembicara lainnya.

Pada kesempatan ini, sebagai pembicara, Prof. Dr. H. A. Pawennari Hijjang MA, sangat mengapresiasi kegiatan yang penuh makna ini, sebab menurutnya kegiatan yang tengah berlangsung ini sangat bermanfaat, selain menjaga keutuhan, sekaligus melestarikan nilai-nilai seni dan kebudayaan bangsa Indonesia pada umumnya, dan kebudayaan Sulawaesi Selatan pada khususnya.

Sekaitan dengan itu, materi yang dibawakan oleh Prof.Pawennari Hijjang,
tentang seni dan budaya sesuai perkembangan era berjalannya dimensi waktu, diulas secara mendetail, sehingga membuat sejumlah peserta bertepuk kagum mendengarnya.

Ditempat yang sama, Prof. Dr.H. Aminuddin Salle, SH.MH, selain mengapresiasi kegiatan ini, juga membawakan materi terkait tema kegian yang tengah berlangsung, masih dikesempatan yang sama pula Edy Kurniawan/ salman azis, Junaid Judda, dan Topo, selalu perwakilan dari Agra Bulukumba (warga Kajang) membahas tentang apa yang dialami masyarakat Kajang, sehubungan isu tentang sengketa lahan, di wilayah mereka.

Kendati acara terus berjalan, nampak suasana di dalam gedung kian dipadati oleh para peserta, bahkan ada yang rela untuk berdiri, mengingat kesediaan kursi yang terbatas.

Penulis : Nurjuliniarti / Jumriaty
Editor : Soni Vayzal