Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Makassar.
Pemilu 2019 kemarin digelar secara serentak, baik pemilihan presiden (Pilpres) maupun pemilihan legislatif (Pileg).

penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan ini, tidak terlepas dari peran penting petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), yang merupakan ujung tombak penyelenggara pemilu di tingkat bawah, yakni tempat pemungutan suara (TPS).

Sekaitan dengan itu, KPPS yang berada disejumlah TPS ORW VII, Kel. Batua. Kec. Manggala temukan adanya surat suara yang tertukar.
Surat suara yang tertukar Rabu kemarin tersebut berasal dari Dapil lima, yang sebagaimana diketahui, Kecamatan Manggala adalah merupakan Daerah Pemilihan (Dapil) empat. Kamis (18/4/2019).

Saat ditemui petugas KPPS di TPS 57, Abbas Untung menjelaskan bahwa terkait surat suara tersebut tidak ada unsur kesengajaan, tetapi ada kekeliruan dalam penempatan, karena menurutnya lagi, surat suara antara Dapil empat dan lima jaraknya berdekatan, dan  sementara ini masih menunggu jawaban dari pihak PPK atas penggantian surat suara yang tertukar tersebut.

Namun demikian dijelaskan bahwa sudah ada beberapa surat suara yang telah digunakan oleh pemegang undangan wajib pilih (C6) di wilayah itu, lantaran paketan yang dimaksud bisa langsung digunakan.

Terlihat jelas keterangan tertulis pada kemasan paket, ditemui dan disitu dijelaskan bahwa surat atau kertas suara yang dimaksud diperuntukan untuk Dapil empat yang meliputi wilayah Kecamatan Panakkukang dan Kecamatan Manggala.

Dan hal tersebut juga dialami oleh TPS 58, sementara dua TPS lainnya yang masih dalam wilayah yang sama, ORW VII yakni TPS 55 dan TPS 56 ditemukan adanya kertas suara yang tercampur antara Dapil Lima dan Dapil Empat dalam satu kemasan.

Menanggapi hal tersebut pihak KPPS telah melaporkan, sambil menunggu informasi selanjutnya dari pihak berwenang.

Penulis  : Soni Vayzal