Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Gowa. Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni memimpin langsung Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) dan penandatanganan komitmen Kecamatan Sombaopu menuju Kecamatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) pada 2020 mendatang. Selasa (9/4/2019).

Pada kegiatan ini, selain dihadiri Bupati, dan wakil Bupati Kab. Gowa, juga hadiri Kapolres Gowa, Kasdim 1409 Gowa, Ketua DPRD, Beserta Wakil, Asisten Pimpinan SKPD, Kepala Bagian, Kepala UPT Dinas se Kecamatan Somba Opu, Camat, Sekcam, Lurah Kepala Puskesmas, Kepala KUA, kepala Lingkungan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, ketua BKM Korkot, dan sejumlah tokoh dan Pejabat Pemerintahan lainnya, serta sejumlah masyarakat se Kabupaten Gowa.

Usai melaporkan program kegiatan yang telah terlaksana  tahun 2019, dengan motto, “walau kami tidur ditempat yang berbeda, tetapi kami punya Misi yang sama, yakni untuk melihat Kec. Somba Opu, Kab Gowa, untuk menjadi wilayah yang aman, damai dan tentram”,  Camat Sombaopu Indra Wahyudi Yusuf, juga mengungkapkan, program Menuju Kecamatan STBM ini mendapat dukungan penuh dari lapisan masyarakat dan seluruh lurah lingkup Kecamatan Sombaopu.

Sekaitan dengan itu, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan sangat mengapresiasi langkah pemerintah kecamatan ini yang tujuannya semata-mata untuk menciptakan lingkungan bersih, asri dan nyaman bagi masyarakatnya.
“Gerakan STBM ini mesti disambut baik oleh masyarakat. Bahkan kita harapkan ini akan ditiru oleh kecamatan-kecamatan yang ada demi mewujudkan Gowa bersih dan sehat ,” katanya

Lanjut, menurut bupati termuda di Kawasan Timur Indonesia (KTI) ini, jika lingkungan dapat diciptakan dengan sejuk, asri dan bersih. Utamanya dengan menjaga sampah di lingkungan sekitar, maka akan sangat membantu pemerintah untuk mendapatkan Piala Adipura di tahun ini.
“Kemajuan suatu daerah bukan hanya menjadi tugas dan tanggungjawab pimpinan daerah saja. Tetapi juga seluruh stakeholder dan masyarakat, dan ini adalah bentuk inovasi yang perlu kita apresiasi,” tegas Bupati.

Setelah penandatanganan deklarasi, penyerahan piagam penghargaan, penyerahan bantuan replika KotaKu ABBD, tahun 2019 kepada BKM Somba Opu, Kab. Gowa, dilanjutkan dengan pelepasan balon oleh Bupati Gowa.

Nampak antusias seluruh kalangan yang hadir pada acara ini dengan penuh semangat, mengikuti hingga acara ini berakhir.

Penulis : Andi Kursa.
Foto/video : Dirga Leo, Asmar
Editor : Soni Vayzal