Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Makassar.
Seminar Mitigasi yang berlangsung di Gedung Baruga Anging Mammiri, Jalan H.I.A. Saleh Daeng Tompo, No.33 Losari Makassr, diselenggaraka oleh KONTUR Geografi FMIPA UNM Makassar, berjalan sukses. Sabtu (30/3/2019).

Sedikitnya 150 orang peserta yang hadir pada kegiatan ini, selain itu hadir pula Ketua Prodi, Rosmini Maru, S.Pd, M.Si, Ph.d, dan sejumlah mahasiswa dari Universitas yang berbeda-beda, se Kota Makassar, terlihat seluruh peserta dan tamu undangan lainnya, antusias mengikuti jalannya acara yang digelar, selain merupakan sebuah moment berharga, yang menyangkut kepentingan masyarakat umum, pun sebagai kegiatan kali pertama yang dilaksanakn oleh KONTUR Geografi FMIPA UNM Makassar.

Diawali dengan menampilkan tarian empat etnis khas Sulawesi Selatan, yang dirangkaikan dengan beberapa kata sambutan sebelum pembukaan dan masuk pada acara inti, yakni penjelasan oleh dua pemateri, masing-masing Drs. Andi Baliraja, MM dari BPBD Provinsi Sulsel, dan Gandamana Matondang, Kepala Stasiun Geofisika, Kab. Gowa, terkait tema “Membingkai Mitigasi Bencana dalam Kacamata Masyarakat”.

Sebelum acara ini secara resmi dibuka oleh, Drs.Suprapta HS. M.Si, pada sambutannya Dary Setiawan Arif, selaku Ketua Panitia Pelaksana, menjelaskan maksud dan tujuan dilaksanakannya acara tersebut.
“Tujuan kami mengadakan seminar ini, adalah semacam indoor, nantinya kita akan memberikan pemahaman kepada masyarakat luas yang terkait tema kita kali ini, dan secara otomatis ini memiliki output, dan inilah yang akan kita kenalkan kepada masyarakat bahwa betapa pentingnya Mitigasi”, paparnya.

Setelah masing-masing pemateri menjelaskan terkait tema kegiatan, yang dipandu oleh Rusdi.S.Si. M.Sc, selanjutnya ditutup dengan pembacaan doa oleh Oswar ilaham, dan penyerahan cendramata, oleh Risal.S.Si, sebelum sesi acara foto bersama.

Sementara itu, saat ditemui awak media, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Geografi FMIPA UNM, Basrizal Al Hazar, mengajak kepada segenap peserta, agar apa yang didapat kali ini dapat tersalurkan demi kepentingan bersama.
“Mari kita bersama-sama memitigasi bencana, sebab aksi pencegahan itu lebih baik dari mengobati, dan kami mengajak kepada segenap rekan Mahasiswa, untuk mengartikan kepada masyarakat, berawal dari keluarga kita sendiri, akan betapa pentingnya mitigasi bencana, karena bencana tersebut tidak mengenal kapan, dimana, dan pada siapa”, jelasnya.

Ditempat yang sama pula, Panglima Kontur, Rahmat Hidayat, berharap penyerapan pembelajaran kali ini, dapat disalurkan.
“Semoga seminar mitigasi ini, tidak berakhir sampai disini saja, tapi harus ada pengaplikasian pada materi, dan memberikan pemahaman kepada masyarakat pada umumnya”, ungkap Rahmat.

Penulis : Andi Kurasa
Foto/Video : Nurjuliniarti
Editor : Soni Vayzal