Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Gowa. Pelatihan yang berlangsung di Aula Sanggar Tani BRIGADE AlSINTA ZONA III DINAS TANAMAN PANGAN HULTIKULTURA Kec Bajeng, yang terletak di Jln. Poros Limbung Galesong, Lingkungan Sappaya, Kelurahan Tubajeng, Kec. Bajeng Kab. Gowa. Sabtu (9/4/2019).

Ir Muhammad Alwi. M.S.i. selalu panitia, sekaligus dari dinas pertanian Propinsi Sulawesi Selatan, dalam keteranganya menjelaskan bahwa pelaksanaan pelatihan ini sehubungan denga adanya beberapa alat pertanian seperti Combine, HARVESTER, ISEKI, dan Traktor, yang merupakan sebuah alat yang menggunakan mesin, untuk itu sangat di butuhkan pelatihanan agar para operator dengan mudah dapat memahami, mempergunaka,  dan merawat alat tersebut.

Lanju Ir. Muhammad Alwi, menambahkan agar para peserta kelompok tani yang hadir dari sejumlah kabupaten se sulawesi selatan, bahwa dengan adanya pelatihan tentang pengguna mesin tersebut, yang merupakan sebuah alat untuk mempermudah proses pengelolahan lahan sawah, mulai dari membajak ,hingga  proses penaburan benih, tidak lagi dikerjakan secara manual, atau menggunakan tangan manusia. Sementara itu, oleh PT. RUTAN selaku pengadaan alat pertanian seperti Combine Traktor RICE, mengimbau kepada peserta, bila nantinya mengalami kendala separti kerusakan mesin atau ada yang belum dimengerti, maka dapat menghubungi mekanik, atau menghubungi langsung Ke Dinas Pertanian Provinsi.

Sementara itu, Jaharuddin Sikki Selaku Tuan Rumah, menjelaskan bahwa ia hanya sebagai fasilitator saja, sementara  perlengkapan dan sarana tempat untuk pelatihan, sepenuhnya di tanggung oleh PT RUTAN.

Laporan : MZ. Nurdin Achmad
Editor : Soni Vayzal