Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Saat ini Pemerintah gencar-gencarnya mengedukasi masyarakat degan menerapkan konsep 3 M Plus, menguras, menutup dan mengubur atau memusnahkan barang yang berpotensi bersarang atau bertelurnya nyamuk, seperti plastik dan jenis kaleng.

Sekaitan hal tersebut, Camat Bajeng, Nasrun Bohari dihadapan para Kapus Bajeng dan jajarannya, Kades, Lurah serta Para Kader Jumantik yg telah terbentuk disetiap Dusun dan Lingkungan, mengadakan pertemuan guna memberikan materi tentang Penguatan dan Pembekalan Para Kader Gerakan 1R1J Pemberantasan Jentik DBD, di Aula Puskesmas Bajeng, sekaligus merupakan kali pertama dilaksanakan dijajaran PKM se Kab. Gowa. Selasa (13/2/2019).

Dalam pertemuan tersebut, Camat Bajeng mengajak seluruh komponen masyarakat ikut berpartisipasi menjaga lingkungan agar tetap bersih.
“Kami juga tetap mengedukasi masyarakat Bajeng tehadap Program dan Kebijakan Bpk. Bupati Gowa yakni Peduli Lingkungan degan senantiasa menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. Program ini saya akui mendapat apresiasi yg tinggi dari masyarakat seperti Sabtu Bersih yang dilakukan serentak oleh Pemerintah Desa, Kelurahan dan Kecamatan hingga Kabupaten”, ungkapnya.

Disamping itu, menurutnya keterlibatan Puskesmas dianggap penting karena PKM merupakan perpanjangan langsung dengan masyarakat,
tugas dari kader melakukan tindakan-tindakan untuk mengirangi berkembangbiaknya nyamuk dengan harapan satu rumah satu kader jentik.

Adapun aktivitas lain yg bisa mengurangi berkembangnya nyamuk betina aedes aegypty dengan cara menanam pohon penolak nyamuk, memasang kelambu, foggying, menggunakan pelembab anti nyamuk, pemberian ikan cupang dan lainnya.

“Harapan Saya agar kader ini diperluas lagi ditingkat RK agar evaluasi kader dapat maksimal dan efektif dilapangan. Sebagai saran bagi Puskesmas agar lebih ditingkatkan pengawasan dan pendampingan berkala kader Jumantik PSN 3M Plus dilapangan, dan bagi Kades dan Lurah agar ditingkatkan pengaqasan berkala terutama bagi Kader Jumantik senatiasa melakukan pencatatan dan pelaporan hasilnya, serta bagi para kader yang berprestasi keaktifan dalam pendampinganx dapat diberikan reward/penghargaan dari Kades, Lurah, dan Puskesmas.

Usai acara tersebut, selanjutnya diakhiri dengan penyerahan Surat Keputusan dari Camat Bajeng dan bantuan baju kaos bagi Kader dari Lurah Limbung dan Kalebajeng.

Laporan : MZ Nurdin Achmad
Editor : Soni Vayzal