Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Massa yang tergabung dalam Presidium Gerakan Mahasiswa Indonesia (Gema-Indonesia) menggelar aksi damai di Kantor Walikota Cirebon Jl. Siliwangi Kota Cirebon, Selasa (12/2/2019).

Demo Massa Gema Indonesia dalam rangka menyuarakan Pemilu Damai, Tanpa Provokasi dan Hoax, aksi sendiri diikuti sekitar Seribuan massa dan dipimpin oleh Sdr. Abdul Taufik Firmansyah dan Sdr. Komarudin serta
Sdr Sultan lembaga Joe Nusantara Riset, selaku Korlap aksi.

Aksi yang dilakukan untuk mendukung terselenggaranya Pemilu yang aman, damai dan lancar, terutama di wilayah cirebon yaitu terkait akan diselenggarakan “Pemilu serentak pada tanggal 17 april 2019” mendatang dimana Dinamika politik dan keamanan nasional saat ini memanas, dapat dilihat dengan maraknya penyebaran informasi Hoax dan Provokasi dalam menyambut Pemilu serentak 17 april 2019. sehingga mengajak kepada masyarakat Khususnya Kota Cirebon agar tidak memprovokasi dan terprokasi di pemilu 2019.

Sebelum melakukan aksi, masa berkumpul terlebih dahulu di Alun-alun Kejaksan, yang kemudian menuju Kantor Walikota Cirebon Jl. Siliwangi dengan berjalan kaki dan membawa alat peraga Sepanduk yang bertuliskan “Stop Sebar Provokasi, Ayo Sukseskan Pemilu 2019, Tolak Isu SARA dalam pemilu 2019 Pemilih Bermartabat Negara Kuat”.

Adapun tuntutan massa aksi yang disampaikan :

  1. Stop Provokasi dan penyebaran Hoax, di musim kampanye pileg dan pilpres 2019.
  2. Tolak Propaganda Isu SARA, Radikalisme, dan Kampanye Hitam (Black Campaign) dan Politik Uang pada pemilu 2019.
  3. Meminta kepada KPU, Bawaslu, TNI dan Polri untuk tetap komitmen dalam menyelenggarakan Pemilu serentak pada 17 April 2019 berlangsung Aman dan Damai
  4. Dukung Pemilu aman dan damai, demi mewujudkan demokrasi yang bermatabat.

Sementara itu Perwakilan KPU Kota Cirebon Bpk. Didi Nursidi (Ketua KPU Div. kul dan rumah tangga) dan Hasbi Falahi S.E MM
( Div.perencanaan ,keuangan ,umum dan rumah tanga) memberikan sambutan yang intinya :

  1. KPU Kota Cirebon sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan maru kita bersama-sama untuk mengawal Pemilu 2019 sehingga dapat berjalan dengan aman dan kondusif.
  2. Untuk tahapan saat ini masih dalam masa kampanye, dan di Kota Cirebon dalam masa kampanye terbilang masih kondusif.
  3. Mudah-mudahan di pemilu 2019 ini dapat terselengra dengan baik, dan kami pihak KPU siap menjaga integritas Pemilu 2019.

Aksi Membubarkan diri setelah melakukan penandatanganan petisi di Kain putih berukuran 4×2 meter, Selama kegiatan Aksi Damai berlangsung aman dan tertib.

Penulis : Enal / Soni Vayzal