Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Dalam rangka menyambut Pemilihan Legislatif, KPU Kab. Pangkep melakukan sosialisasi di Jl. Alauddin tepatnya “Warkop Black Sea Coffee’ terhadap beberapa perwakilan Masyarakat Kalmas, dan ada juga beberapa Lembaga Organda dari kepulauan terkhusus wilayah Kec. Liukang Kalmas yg diliputi oleh APK-P (Aliansi Pemerhati Kalmas – Pangkep) dihadiri pula oleh beberapa Pengurus HPPMK-P
Minggu, (10/2/2019)

Sosialisasi tersebut dipimpin lansung oleh Ketua PPK Kec. Liukang Kalmas, “Imam, sebagai Moderator dan pemateri sosialisasi adalah dari Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) Burhan A. dan di dampingi langsung oleh Sahar selaku Korwil KPU dan Beberapa Angota KPU lainnya, dalam hal ini dia menjelaskan terkait Persoalan mekanisme Pindah Memilih untuk sasaran kepada masyarakat yang belum sempat terdaftar di DPT (Daftar Pemilih Tetap)

Burhan menjelaskan, dalam penanganan pindah memilih, agar kiranya masyarakat segera melakukan konfirmasi kepada penyelenggara setempat seperti PPS atau PPK, sehingga dapat mengambil tindakan yang efektif bagi masyarakat yang ingin melakukan pindah memilih, dan adapun konsekuensi bagi warga yang sudah melakukan pengambilan Form A5 atau sudah pindah memilih ke kabupaten lain, maka hak suaranya akan terbatas kerena hanya akan dapat memilih DPRD Provinsi, DPRD Pusat dan Calon Presiden dan Calon Wakil presiden.

Selanjutnya, tentu kita berharap dari semua peserta yang hadir di sosialisasi saat ini agar mereka bersedia untuk menjadi sebagai kawan KPU untuk bersedia meneruskan informasi-informasi kepada keluarga dan masyarakat yang ada di sekitarnya khususnya warga yang berasal dari pangkep untuk menyampaikan informasi waktu dan tempat pemilihan bahwa waktu penggunaan hak pilih itu 17 April 2019 kemudian diharapkan juga kepada peserta sosialisai ini untuk menjelaskan jenis surat suara dan yang lebih penting juga harus menyampaikan syarat dan mekanisme pindah memilih. “Ujar Burhan’.

Penulis : Muh. Fatni
Editor : Soni Vayzal