Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Gowa- Kepala Bagian pelaksana pembinaan mental sejarah (Kabalakbintaljarah) Bintaldam XIV/Hsn, Letkol INF Tarmudhi, beserta para rombongan, melakukan ziarah ke makam Pahlawan Nasional, Raja Gowa ke XVI Sultan Hasanuddin, di Kampung Palantikang, Kabupaten Gowa. Senin (21/1/2019)

Ziarah ke makam Sultan Hasanuddin kali ini, selain sehubungan perubahan nama kesatuan, juga terkait dengan pejabat utama Kodam XIV Hasanuddin yang baru, hal tersebut juga merupakan tradisi bagi seluruh Porsenil Kodam XIV/Hasanuddin.

Dalam kesempatan ini, Juru Pelihara, atau juru kunci Kompleks Makam Sultan Hasanuddin, mengulas secara singkat dan jelas, riwayat perjuangan Sultan Hasanuddin, semasa perjuangannya dahulu, dalam melawan penjajah.

Sebelum tabur bunga dan penyampaian doa bersama, Letkol INF Tarmudhi menggelar upacara penghormatan kepada Raja Gowa Sultan Hasanuddin, diikuti oleh DanRem, Wadan Rindam, dan sejumlah Pejabat Utama, dan Pejabat Pembantu.

Usai rombongan saling bergantian menabur bunga di pusara makam Sultan Hasanuddin, dan makam para keluarga, Letkol INF Tarmudhi di depan Awak Media menjelaskan, “Itulah perlunya dilaksanakan tradisi, semoga bapak- bapak atau para pejabat ini, mulai dari DanRem berjumlah 2 orang, WaDan Rindam 1 orang, Pejabat Utama berjumlah 7 orang, dan Pejabat Pembantu yang berjumlah 3 orang, bisa mentauladani, mengikuti sepak terjang, Sultan Hasanuddin, sehingga dapat menjadi panutan bagi seluruh personil Kodam XIV/Hasanuddin”, Jelasnya.

Dijelaskan pula nama dan logo Kesatuan ini, diambil dari nama Pahlawan Nasional, yakni Raja Gowa, Sultan Hasanuddin, sosok Pemimpin yang penuh tanggung jawab dan keberanian, atau yang lebih dikenal dengan julukan “Ayam Jantan Dari Timur”.

Penulis : Soni Vayzal