Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Jurnalis Online Indonesia (JOIN) DPW Sulsel menggelar Bimbingan Teknis Uji Kompetensi Wartawan (Bimtek UKW) dan pelatihan jurnalis di Kantor PAUD, Jalan Adhyaksa Baru, Makassar, Kamis (10/01/2019).

Acara yang dibuka oleh Ketua JOIN DPW Sulsel, Rifai Manangkasi SE.M.Si, tersebut mengangkat tema “Menjaga Harkat Profesi”. Kegiatan yang diikuti 42 orang peserta dari berbagai daerah di dalam dan luar Sulawesi Selatan ini juga dihadiri Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitoga S.IK M.Si.
Kasdim 1409 Gowa, Mayor Inf. Husein, serta sejumlah insan jurnalis lainnya.

Dengan mengapresiasikan pelatihan jurnalistik tersebut, ketua JOIN berharap agar kegiatan yang digelar ini dapat menambah wawasan.

“Pelatihan ini harus dimanfaatkan oleh rekan-rekan semua, ilmu yang didapatkan dalam pelatihan ini semoga bisa menjadi nilai tambah menuju jurnalis yang profesional,” ujar Rifai.

Ia juga menambahkan, pelatihan ini sebagai cikal bakal melahirkan jurnalis yang handal nantinya. Peserta berhak memperoleh ilmu ini dan tentu dengan dasar jurnalis ini, kelak bisa diterapkan sendiri pada media masing-masing.

Pada kesempatan ini, Kapolres Gowa mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk lebih teliti dengan segala bentuk informasi yang selama ini marak beredar di media sosial.

“Jadi permasalahan hoax, ujaran kebencian, kita harus solusikan dengan peran positif dan aktif, serta optimal dari profesional kerja kita masing-masing. Karena berita hoax ini akan terpapar terus menerus di gadget, sehingga penting bagi kita untuk bisa secara teliti dan memverifikasi isi informasi sebelum kita yakini kebenarannya,” kata Shinto.

Penulis: Soni Vayzal
Foto : Jumriaty