Spread the love

MAKASSARNEWS.ID Soppeng – Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriah mengangkatĀ tema “Keteladanan akhlak Rasulullah SAW, Mewujudkan Masyarakat yang Inovatif, Produktif, Kompetitif, Inklusif dan Berkharakter Menuju Masyarakat Sejahtera”. Pembawa hikmah maulid oleh Ustadz Muh Muchsin Ramlan.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (NA) bersama Liestiaty F Nurdin dan Bupati Soppeng, Andi Kazwadi Razak yang berjalan ke lokasi acara, diiringi ratusan warga dengan shalawat badar dan lagu nasyid.

Kegiatan yang selain dihadiri oleh Gubernur, juga dihadiri oleh, anggota DPR RI dan wali kota/bupati se Sulawesi-Selatan, alim ulama, tokoh masyarakat, tokoh wanita dan tokoh pemuda.

“Malam ini kita hadir sebagai wujud kecintaan kita Pada Nabi Muhammad SAW, kita hadir atas kelatadanan Nabi Muhammad SAW, ” kata Nurdin Abdullah.

Atas nama pemerintah Sulsel, Dia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Soppeng dan warganya, karena bersedia menjadi tuan rumah.

“Kesempatan ini saya manfaatkan untuk pulang kampung. Semoga kahadiran saya untuk Kabupaten Soppeng bisa bermanfaat,” sebutnya.

NA menilai, Soppeng semakin cantik dan perubahan yang begitu besar, “Saya ingin mengatakan Soppeng ini kota romantis, saya kagum dengan perubahan yang terjadi begitu cepat,” ucapnya.

Sebagai putera daerah Soppeng, Dia mengajak warga Soppeng untuk kembali membangun Soppeng dengan spirit “Yassisoppengi” yang disebutnya memiliki makna luas untuk terus berkarya dan berinovasi.

Bebernya, dalam kunjungan kerjanya selama dua hari di Soppeng dan mendengarkan aspirasi warga, diantaranya perbaikan dan pembangunan jalan di perbatasan Kabupaten Sidrap sampai kota Soppeng.

“Saya langsung menelpon Kepala Dinas PU untuk menghadap ke bupati menyelesaiakan PR yang ada,” bebernya.

Menurutnya, kabupaten Soppeng memiliki potensi pertanian yang telah memberikan kesejateraan bagi rakyat dan potensi air yang besar. Tugas yang ada bagaimana kemudian mengelola air agar bisa mendatangkan kesejateraan bagi rakyat, termasuk danau tempe.

“Saya berharap mari kita kembalikan marwahnya untuk peningkatan kesejateraan rakyat kita. Pariwisata Soppeng juga memiliki keunggulan lain, seperti permandian air panas Lejja. Setelah diteliti Jepang, imbuhnya, memiliki kualitas air belerang terbaik dunia, Lejja harus kita benahi dan kembangkan untuk bisa dinikmati masyarakat Indonesia dan turis-turis ke depan,” harapnya.

NA menyampaikan, momentum maulid untuk menerukan perjuangan Rasulullah danĀ  mengaplikasikan dalam tindakan sehari hari.

“Sebagai ASN menjadi aparatur yang rahmatan lil-alamin, kita jadikan birokarsi yang melayani dan menghadirikan seluruh kebutuhan masyarakat sebaik-baiknya,” ujarnya.

Selain itu, Ia bersyukur Pemerintah Soppeng telah hadir menyiapkan layanan dasar kepada masyarakat, pemerintah Sulsel pun akan mendukung peningkatan layanan yang ada. Khusus pelayanan kesehatan, sebagai daerah perlintasan kabupaten lain, Soppeng memerlukan hadirnya rumah sakit regional.

“Sebagai gubernur kami mendukung rumah sakit daerah Soppeng kita persiapan untuk menjadi rumah sakit regional,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Soppeng, Kazwadi merasa bersyukur karena kehadiran NA dan istri. “Malam hari ini, Allah SWT bisa memberikan kemudahan sehingga Bapak Gubernur dan Ibu bisa berkumpul bersama masyarakat Soppeng,” kata Kazwadi.

Ia juga menyampaikan, acara ini dimeriahkan oleh seluruh warga Soppeng, dapat terlihat di rumah-rumah warga ada hiasan telur maulid. “Kami merasa bangga dan bersyukur peran serta masyarakat yang luar biasa. Dan program keagamaan di Soppeng berjalan dengan baik. Seperti program Magrib Mengaji yang diperkarsai Kementrian Agama dan Subuh Berjamaah dan Bupati Menyapa,” beber Kazwadi.

Ustadz Muh Muchsin Ramlan, dalam hikmah maulidnya, menyampaikan terkait keteladanan Nabi Muhammad sebagai sosok yang diteladani.

Gubernur Sulsel memberikan bantuan untuk Pemkab Soppeng sebesar Rp2 miliar untuk pembangunan Rumah Sakit Cabenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng Tahun 2018 dan pemberian bantuan dalam rangka penanganan pengungsi dari Donggala, Palu dan Sigi (Sulteng) sebesar Rp500 juta, sehingga total yang diberikan Rp2,5 miliar yang diterima langsung Bupati Soppeng. (*/red)