Spread the love

– Dalam rangka memfasilitasi dan mendorong kemandirian masyarakat dan upaya pengendalian inflasi, Pemerintah Kota Makassar berkerjasama dengan Bank Indonesia mengembangkan 7 (tujuh) kawasan peduli inflasi di kota Makassar.

Hal itu nampak saat launching perdana daerah pengembangan kawasan peduli inflasi yang dilaksanakan dan di pusatkan di Kecamatan Panakukang Perumahan Citra tello Permai Kelurahan Tallo Baru, Jumat (24/11).

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) kota makassar dr. Hj. Naisyah Tun Azikin membuka acara mewakili walikota Makassar Moh.Ramdhan Danny Pomanto.

Dalam sambutannya, Sekda kota makassar mengatakan bahwa kedepannya bukan hanya 7 kawasan tersebut saja yang dijadikan pengembangan lorong peduli inflasi, tetapi kawasan dan lorong lorong lainnya yang ada di kota makassar.

“Untuk itu pendampingan dari Bank Indonesia dan Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar terus di butuhkan agar program penataan lorong peduli inflasi bisa berhasil,” ucapnya.

Sementara itu, kepala perwakilan Bank Indonesia Propinsi Sulawesi Selatan, Bambang Kusmiarso menjelaskan bahwa keberadaan 7 kawasan peduli inflasi diharapkan dapat memotivasi dan menjadi percontohan bagi daerah lainnya dalam pengembangan kawasan produktif.

“Keberadaan kawasan peduli inflasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, partisipasi dan menjadibsumber mata pencaharian baru masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya program pengembangan kawasan peduli inflasi akan terus diperkuat melalui sinergi dan partisipasi dari berbagai pihak.

“Kedepan pengembangan kawasan peduli tidak hanya sebatas pada aspek produksi, namun juga aspek lainya seperti penguatan kelembagaan, akses pasar dan penciptaan nilai tambah atau hilirasi produk yang dihasilkan melalui pengembangan industri skala rumah tangga sehingga akan berdampak luas bagi kesejahteraan masyarakat dan perekonomian,”terangnya.

Adapun Kawasan peduli inflasi tersebar di tujuh kecamatan di Kota Makassar yaitu:
1. Kelurahan Tello Baru, Kecamatan Panakukkang
2. Kelurahan Melati, Kecamatan Ujung Pandang
3. Kelurahan Ballang Baru, Kecamatan Tamalate
4. Kelurahan Timongan Lompoa, Kecamatan Bontoala
5. Kelurahan Malimongan, Kecamatan Wajo
6. Kelurahan Tamalanrea, Kecamatan Tamalanrea
7. Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala

Pada kesempatan itu pula diserahkan, piagam kepada 7 Kelompok Wanita Tani (KWT), dan kelompok tani lorong beserta penyuluh pertanian yang telah berpartisipasi dalam penyediaan sumber pangan keluarga dan membangun kebersamaan serta menjalin hubungan silaturrahim antar warga sekaligus menjadikan lorong menjadi kawasan yang indah, nyaman dan bersih. (*/red)