Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Ashari Fakshire Radjamilo, membuka Evaluasi Pengarusutamaan Gender dan Perlindungan Anak bersama tim verifikasi data Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2018 di Ruang Pola (13/11).

Ashari mengatakan, Pemprov Sulsel sangat layak mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2018 kategori mentor karena dukungan dan kebijakan Pengarusutamaan Gender (PUG) telah dilakukan dengan baik.

“Pemprov Sulsel sudah menerbitkan beberapa peraturan untuk mendukung PUG termasuk kebijakan lainnya sehingga sangat layak untuk mendapatkan APE kategori mentor, ” kata Ashari.

“Pemprov Sulsel juga sudah mendapatkan penghargaan APE kategori utama selama tiga kali berturut-turut yang artinya selama ini kebijakan PUG telah berjalan dengan baik,” lanjutnya.

Ashari lebih jauh juga berharap agar semua organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, membackup dan memberikan dukungan penuh agar verifikasi ini berjalan lancar,termasuk dalam melakukan kebijakan dan mengimplementasikannya.

“Saya harap semua catatan-catatan dari tim verifikasi data bisa segera ditindaklanjuti agar semuanya berjalan baik dan lancar,” imbuhnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Snak (DP3A) Sulsel, Askari menambahkan, APE kategori Mentor adalah bentuk reward atau penghargaan bagi daerah atau provinsi dalam penguatan PUG.

“Kita sudah mendapatkan penghargaan APE kategori utama selama tiga kali berturut-turut, dan optimis akan mendapatkan APE kategori mentor tahun 2018.

Mendapatkan penghargaan APE kategori mentor, dalam kaitannya dengan PUG dilihat dari pembangunan pemberdayaan perempuan secara umum yanng diterapkan di seluruh kabupaten dan kota di Sulsel.

Tim verifikasi hadir untuk melihat dokumen dan capaian-capaian yang telah dilakukan serta penerapannya didaerah khusunya di 15 kabupaten. Penilaian APE kategori mentor, juga dinilai dari komitmen daerah dalam pembangunan responsif gender serta kelembagaan,” tutupnya. (*/red)