Spread the love

MAKASSARNEWS.ID Takalar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Takalar menggelar Rapat Koordinasi Sinkronisasi Hasil Penyusunan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan-1 (DPTHP-1) bersama stakeholderterkait, Bawaslu Takalar, PPK, Panwascam, Parpol dan Dinas Kependudukan Takalar di Kantor KPU Kabupaten Takalar (9/11/2018).

Dalam rakor ini KPU Takalar memaparkan hasil pencermatan data pemilih, mulai dari data ganda, data anomali, dan data DP4 non DPT dan bagaimana perlakuan KPU dalam memfaktualkan data tersebut.

Dalam sambutannya Ketua KPU Takalar Muhammad Darwis menyampaikan pentingnya pertemuan ini, menyampaikan bahwa data ganda yang sebelumnya ada dalam DPT sebanyak 729 orang, data anomali sebanyak 336 orang, DP4 non DPT sebanyak 21.577 orang telah terverfikasi dengan memfaktualkan ke pemilih bersangkutan. Selain itu juga telah terverifikasi oleh Disdukcapil untuk memastikan pemilih tersebut telah memiliki KTP-el.

Kepala Divisi Data KPU Takalar Basrinuddin berharap peserta rakor kritis dalam melihat data yang ada untuk memastikan PlenoRekapitulasi DPHP-2 di tingkat kabupaten tidak lagi terjadi masalah.

Senada Kepala Divisi Pengawasan Bawaslu Takalar Nelliyati, mengatakan bahwa rakor dibuat sebagai wadah saling kroscek data.KPU sendiri menurut dia telah melakukan verifikasi faktual ke lapangan meski hal itu tidak dilakukan secara keseluruhan. “Tetapi menjadi alat bukti kami jika datanya berbeda dengan data yang di paparkan KPU pada pertemuan ini,” kata Nelliyati.

Tidak ketinggalan pada kegiatan ini para PPK juga menyampaikan hasil rekapitulasi DPTHP-1 di tingkat PPS  untuk kemudian dicocokkan dengan data milik panwascam, meski keduanya telah melaksanakan pleno sehari sebelumnya. (*/red)