Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Salah satu kru Air Nav Indonesia yang meninggal saat menunaikan tugas ketika goncangan gempa Palu bermagnitude 7,4 SR dianugerahi penghargaan, kini menjadi salah satu pahlawan dan dimakamkan di Taman Makan Pahlawan (TMP) Panaikang Kota Makassar.

Almarhum Anthonius Gunawan Agung (21), yang sebelumnya telah mendapatkan penghargaan Adikarya Dirgantara Pralabda dari Menteri Perhubungan, kini mendapatkan penghormatan khusus untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional, melalui surat Mensesneg nomor : B.882/M,Sesneg/Setmilpres/GT.OO/10/2018.

Menhub mengatakan bahwa kisah Agung harus menjadi pelecut bagi sektor penerbangan Nasional untuk terus berkembang, dan menjadikan keselamatan sebagai pondasi utama.

“Seluruh stakeholder peberbangan nasional mestinya menjadikan kisah Agung sebagai sumber semangat baru dalam menjaga keselamatan penerbangan di ruang udara Indonesia. Untuk keluarga Almarhum Agung, sekali lagi kami sampaikan bela sungkawa yang begitu mendalam dan kami sadar penghargaan serta apresiasi dalam bentuk apapun tidak akan dapat menggantikan sosok beliau di keluarga”, papar menhub.

Sementara itu, Direktur Utama Air Nav Indonesia, Novie Riyanto, sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh pemerintah kepada Almarhum Agung.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Presiden dan Bapak Menteri Perhubungan, serta Bapak Menteri sosial yang telah memberikan penghormatan kepada keluarga kami Almarhum Agung. Dalam enam tahun perjalanan Air Nav Indonesia, Almarhum Agung adalah keluarga pertama kali yang diberikan penghargaan untuk dapat dimakamkan di Taman Makam Pahlawan bersama dengan para pahlawan negeri ini yang mendidasikan hidupnya bagi bangsa dan negara,” ucap Novie.

Tentang Air Nav Indonesia

Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPPNPI) atau dikenal dengan Airnav Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan tanggal 13 September 2012.

AirNav didirikan sesuai amanat UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dan bertugas menyediakan pelayanan navigasi penerbangan.

Airnav melayani navigasi penerbangan di 285 titik layanan di seluruh Indonesia. Selain itu, Airnav juga melakukan pelayanan navigasi penerbangan di sejumlah ruang udara negara lain. Luas ruang udata Indonesia adalah 1.476.049 NM, sementara AirNav melayani Fligh Informasi Region (FIR) seluas 2.219.629 NM. (Ulla/Albar)