Spread the love

MAKASSARNEWS.ID Yogyakarta Pendamping PKH adalah orang orang yang bersemangat, suka berjuang, punya keyakinan, pantang menyerah, senang berbagi dan peduli. Ungkapan yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial  RI, Hartono Laras di hadapan 160 peserta diklat FDS Pendamping PKH di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Reg III Yogyakarta. (2/11/2018).

Peran Pendamping PKH sangat penting dalam melaksanakan Program Pengentasan Kemiskinan yang sedang menjadi Prioritas utama pembangunan Kesos. Menurut Sekjen, Pendamping PKH berperan dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

Pendamping di harapkan mampu menciptakan suasana atau iklim yang memungkinkan masyarakat miskin berkembang secara optimal. Pendamping juga bertugas memperkuat pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki masyarakat miskin dalam memecahkan masalah masalah dan memenuhi kebutuhannya.

Menurut Hartono Laras, Pendamping PKH harus bisa memelihara kondisi yang kondusif, agar tetap terjadi keseimbangan distribusi kekuasaan antara berbagai kelompok dalam masyarakat.

Selain itu pendamping juga berkewajiban melindungi masyarakat terutama kelompok kelompok lemah agar tidak tertindas oleh kelompok kuat. Pendamping juga harus selalu beruoaya untuk memberikan bimbingan dan dukungan agar masyarakat miskin mampu menjalankan peranan dan tugas kehidupannya agar tidak terjatuh ke dalam keadaan dan posisi yang semakin lemah dan terpinggirkan. Seperti Yell pendamping PKH, Pendamping PKH, SIP (Santun, Integritas, Profesional). (*/red)