Spread the love

MAKASSARNEWS.ID – Semangat Sumpah Pemuda dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia pada 28 Oktober 1928 menegaskan cita-cita luhur untuk tanah air Indonesia, bangsa Indonesia dan bahasa Indonesia yang satu.

Sumpah pemuda 28 Oktober 1928 mengajak untuk mengenang semangat para pemuda di Indonesia untuk berjuang mencurahkan tenaga demi tumpah darah Indonesia, semangat dan menjunjung tinggi persatuan Indonesia diatas segalanya

Pemuda sebagai ujung tombak pembangunan bangsa harus menjaga serta mengisi kemerdekaan bangsa, dengan peningkatan kualitas sumber daya pemuda demi mencapai cita-cita bangsa.

Pendidikan politik bagi kaum muda telah memberi ruang dalam peningkatan partai politik. Sebagai pelopor demokrasi untuk sebuah tujuan, “Nasional Demokrat”.

Sumpah pemuda merupakan janji yang tidak bisa diingkari. Kekuatan pemuda dan pemudi terletak pada sumpah yang harus dilakukan dan dikerjakan.

Peran serta keterlibatan wanita muda di Indonesia semakin menorehkan hasil yang gemilang. Keterlibatannya dalam kanca politik dan bernegara menunjukkan eksistensinya di segala bidang.

Konsep keterlibatan wanita dalam pendidikan diharapkan mampu terlaksana. Mendukung unsur kesetaraan gender harus menjadi sebuah kewajiban, dengan memberikan pemahaman sejarah perjuangan kaum wanita Indonesia.

“Sumpah pemuda yang diikhtiarkan suatu sumpah tidak hanya dari mulut putra-putra Indonesia, namun juga dari putri-putri Indonesia”

Pemuda dan pemudi di Kota Makassar diharapkan mampu untuk memberi sumbangsih yang nyata dengan keikutsertaannya membangun daerah. Pembekalan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pemberdayaan mutlak harus dilakukan. (Albar)